5 Bahaya Rambutan Untuk Ibu Hamil

Beberapa ahli yang telah melakukan penelitian terhadap buah rambutan, mengklaim telah menemukan beberapa kandungan yang diperlukan oleh ibu hamil diantaranya: Energi, Karbohidrat, Serat, Lemak, Protein, Thiamine, Riboflavin, Niacin, Vitamin B6, Asam Folate, Vitamin C, Kalsium, Magnesium, Manganese, Phosphorus, Potassium, Sodium, Zinc.

Mengkonsumsi rambutan (Ace) saat hamil muda sebenarnya dapat menyumbangkan beragam manfaat untuk kesehatan bunda maupun janin dalam kandungan, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kondisi bumil beserta janinnya.

1. Meningkatkan kadar gula darah

Buah rambutan mempunyai kadar gula (energi) yang sangat tinggi, khususnya bagi buah rambutan yang sudah tua atau matang. Apalagi jika sang ibu memiliki riwayat memiliki penyakit diabetes melitus, konsumsi rambutan justru akan memperparah keadaan.

Selain itu, kandungan gula pada rambutan dapat berubah menjadi alkohol, secara tidak langsung akan menurunkan fungsi sistem pencernaan.

Baca juga

2. Pemicu sakit tenggorokan

Loading...

Makan rambutan berlebih dapat meningkatkan resiko wanita hamil sakit tenggorokan, hal itu disebabkan oleh kadar gula dan serat dalam rambutan terlalu tinggi.

3. Mengakibatkan kolesterol

MengMonsumsi rambutan dalam jumlah berlebih meningkatkan risiko terkena penyakit kolesterol, hal itu dikarenakan dalam gula mengandung lemak (kolesterol).

4. Menurunkan sistem imun

Konsumsi rambutan berlebih dapat dapat meningkatkan kadar gula darah, jika gula darah yang tinggi tidak segera ditangani justru akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga bunda lebih mudah sakit da berdampak pada perkembangan janin.

5. Membantu mencegah kanker

Jika sistem imun menurun, bakteri jahat akan lebih mudah berkembang biak, hal itu justru akan menimbulkan berbagai jenis penyakit berdatangan. Salah satu penyakit paling berbahaya adalah kanker.

Bagaimana? Ngeri bukan.!

Mengutip dari  (QS. Al-A’raf: 31) “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”


Tinggalkan komentar