Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka Cempedak

Ada mitos yang menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi buah nangka karena bisa membahayakan kondisi kehamilan.

Benarkah demikian.?

Nangka termasuk ke dalam suku Moraceae, memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus ini diyakini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat manusia:

  • Pakar kesehatan dr. Devika Y menyebutkan bahwa buah nangka kaya akan kandungan gizi seperti: asam folat, vitamin A, vitamin C, niasin, riboflavin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc, fosvor, tiamin, dan berbagai mineral lainnya.
  • Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh University of Agriculture menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi 10 hingga 12 biji buah nangka, Anda tidak perlu makan untuk satu setengah hari ke depan atau 36 jam.
  • Dalam studi lain juga menyebutkan, bahwa konsumsi ekstrak buah nangka sebelum makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien penderita diabetes melitus.
  • Menurut WebMd, getah dari buah nangka dapat digunakan untuk mengatasi gigitan segala jenis hewan yang berbisa.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Glycemic Index Research Service University of Sydney, mengungkapkan bahwa buah nangka mengandung gula yang lebih rendah dibanding beras maupun gandum. Namun ingat.! Sampai saat ini 27 Februari 2019, belum ada data dari hasil penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi nangka dapat dijadikan pengganti obat diabetes.
  • Ada lagi penelitian yang dilakukan oleh Arung ET yang mengungkapkan bahwa ekstrak kayu nangka dapat membantu mengurangi terjadinya hiperpigmentasi pada kulit manusia.
  • Seorang ahli gizi klinis, R Kalpana, juga ikut mengemukakan penelitiannya bahwa buah nangka mengandung serat yang mudah larut, sehingga dapat berpotensi menurimenu kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam anjuran medis, konsumsi buah nangka bersamaan dengan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan Anda mudah merasa mengantuk.

Baca juga: artikel terkait nangka untuk ibu hamil

Bolehkah makan nangka saat hamil

Loading...

Boleh atau tidak.? Dalam catatan medis belum ada pernyataan yang pasti mengenai anjuran maupun larangan bagi wanita hamil makan buah nangka tua atau yang sudah matang.

Namun ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa makan buah nangka dapat menyebabkan keguguran, namun sampai saat ini belum ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa buah nangka bisa memberikan dampak buruk bagi kehamilan apalagi sampai terjadi keguguran.

Dilansir dari Mom Junction, yang menyebutkmn bahwa konsumsi nangka saat hamil dapat memberikan beberapa manfaat seperti:

  • Membantu mengendalikan hormon ibu hamil.
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.
  • Membantu mencukupi asupan vitamin A bagi tubuh ibu hamil, yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.
  • Nangka mengandung lemak jenuh dan garam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Membantu mengendalikan tekanan darah selama masa kehamilan.
  • Nangka kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya obesitas.

Ingat.! Jik Anda memiliki riwayat alergi terhadap nangka, sebaiknya hindari memakannya agar hal buruk yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Nb. Meski ada beberapa situs kesehatan yang memperbolehkan makan nangka dalam jumlah banyak, namun sebaiknya bunda konsumsi secukupnya saja untuk berjaga-jaga supaya tidak sampai menimbulkan efek samping yang membahayakan ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungan.


Tinggalkan komentar