Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari

Selama masa kehamilan seorang ibu diharuskan untuk konsisten dalam menjaga kondisi kesehatan, sebab janin dalam kandungan sangat rentan mengalami masalah.

Makanan, menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi perkembangan janin didalam kandungan bahkan beberapa jenis makanan tertentu justru dapat memicu gangguan kehamilan.

Menurut mitos yang beredar dikalangan masyarakat terkait kondisi kehamilan, dapat menimbulkan kelainan pada fisik maupun kecerdasan anak nantinya.

Mitos lain yaitu jika ibu hamil mengkonsumsi air kelapa muda setiap hari akan menjadikan bayi lahir dengan kulit putih bersih serta rambut lebat dan hitam.

Benarkah mitos tersebut? Ternyata minum air kelapa ijo hanya sebatas mitos saja, dan belum terbukti kebenarannya dalam catatan medis.

Bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda setiap hari

Loading...

Pohon kelapa merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat di setiap bagiannya, termasuk air dari buah kelapa yang masih muda.

Konsumsi air kelapa yang masih muda maupun sudah tua bagi ibu hamil sebenarnya dibolehkan asalkan tidak berlebihan. Sebab, jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping dan bahaya seperti pusing dan saki kepala.

Ingat bunda.! Ketika konsumsi air kelapa bagusnya itu harus yang asli dan belum tercampur bahan lainnya, serta harus diimbangi dengan minum air yang cukup jangan sampai malah menggantikan peran air putih sebagai sumber mineral bagi kebutuhan tubuh.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Meski banyak mitos, air kepala hijau muda memiliki khasiat luar biasa untuk ibu hamil diantaranya:

  • Elektrolit alami, air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh pada ibu hamil setelah melakukan aktifitas, sehingga anda akan terhindari bahaya dehidrasi serta membantu mengatasi beberapa masalah seperti: kepala pusing, demam, kejang dan kram otot yang umumnya dialami bunda sebagai gejala atau tanda kehamilan.
  • Diuretik alami, air kelapa muda memilome peranan sebagai diuretik alami yang membantu anda mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh melalui urine atau air kencing.
  • Meningkatkan sistem pencernaan, penurunan fungsi pencernaan merupakan salah satu ciri ciri kehamilan, jika tidak segera ditangani dengan benar akan menimbulkan berbagai macam masalah pada pencernaan seperti diare maupun sembelit.
  • Meningkatkan jumlah HDL, HDL merupakan jenis lemak baik dalam tubuh yang berperan untuk menekan kadar LDL dan kolesterol yang merupakan jenis lemak jahat. Hal ini akan berdampak pda kwalitas kesehatan bunda sehingga tumbuh kembang janin lebih optimal tanpa gangguan.
  • Menurunkan tekanan darah, ketika masa kehamilan ibu hamil seringkali mengalami peningkatan tekanan darah, jika tidak di atasi sesegera mungkin, dapat meningkatkan resiko lahir prematur. Nah, bunda bisa mengkonsumsi air kelapa muda untuk mengatasi tekanan darah sehingga resiko preeklampsia dapat dihindari.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan bunda akan manfaat air kelapa muda.


Tinggalkan komentar