Cara Mengajar Anak Tentang Kebersihan Sejak Dini

Tubuh yang sehat berasal dari lingkungan yang bersih. Sebagai orang tua, kita tentu sangat memerhatikan kebersih lingkungan rumah agar menjaga anak tetap sehat. Lingkungan yang bersih tentu saja bebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu rumah yang bebas debu membuat kita dan anak terhindar dari gangguan saluran pernapasan.

Pentingnya kebersihan harus mulai diajarkan kepada anak. Mereka harus mengetahui bahwa salah satu cara meraih tubuh yang sehat adalah dengan membuat lingkungan tempat dia tinggal bersih. Kesadaran tersebut tentu sangat penting sebagai jaminan di masa depan anak memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Oleh karena itu, yuk simak tips dalam mengajak anak mengerti tentang kebersihan.

1. Lakukan pekerjaan rumah bersama

Salah satu kendala dalam mengajak anak untuk ikut menjaga kebersihan adalah sifat mereka yang selalu aktif dan hanya ingin bermain. Oleh karena itu ajaklah mereka untuk ikut melakukan pekerjaan bersih-bersih bersama. Buatlah pekerjaan yang kita lakukan terlihat menyenangkan bagi mereka, bukan malah menjadi sebuah keharusan yang mengekan. Karena anak akan menyukai suatu pekerjaan yang menyenangkan dan dapat menghibur mereka.

Ada banyak pekerjaan bersih-bersih bersama yang bisa kita lakukan bersama anak. Misanya menyapu rumah atau halaman, mengepel rumah, membersihkan jendela, ikut serta mencuci piring, dan mengajari mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Banyak pekerjaan lain yang bisa kita lakukan, namun harus disesuaikan dengan kondisi rumah dan anak juga.

2. Ajarkan kebersihan pada anak melalui sebuah cerita

Pengaruh cerita pada anak sangatlah kuat. Cerita bisa memberi kesan yang mendalam dalam benak si anak. Oleh karena itu salah cara dalam mengajarkan anak tentang kebersihan bisa dengan menggunakan cerita. Sudah banyak buku cerita bergambar yang memiliki pesan moral mengenai kebersihan. Usahakan cerita tersebut menghibur dan bukannya menakuti anak, karena anak akan membentuk kesan negatif terhadap kebersihan.

Selain menggunakan cerita bergambar, kita bisa juga memakai boneka sebagai media cerita. Ajaklah anak untuk turut serta menjadi pemeran dalam cerita, sehingga kesan yang diberikan lebih kuat. Jadikan anak sebagai tokoh positif yang memegang teguh kebersihan.

Mengajarkan anak lewat video juga bisa dilakukan. Cerita dari video juga memberi kesan yang mendalam karena menampilkan visual yang menarik.

Loading...

3. Mengajarkan cara makan yang baik

Gaya hidup bersih bisa dimulai dari cara kita makan. Mengajari anak tentang kebiasaan makan yang baik dan benar tidak boleh terlewatkan. Caranya bisa kita mulai dengan membiasakan anak kita untuk menghabiskan makanannya dari piring. Jangan biarkan makanan tidak habis karena akan mengotori meja makan dan baju anak. Bantu anak untuk menghabiskan makanannya, secara perlahan mereka akan terbiasa nantinya.

Jika ada makanan yang tumpah atau ada remah-remah, ajak anak untuk membereskannya. Katakan pula padanya bahwa hal tersebut adalah tanggung jawab si anak.

4. Ajari anak untuk mandi bersih setiap hari

Kesehatan anak bisa terjaga jika mereka memiliki tubuh yang bersih. Oleh karena itu ajaklah mereka untuk mandi setiap hari. Hal ini agar membentuk sebuah kebiasaan, konsistensi, hingga menjadi kebutuhan bagi si anak. Dengan demikian anak akan menjaga kebersihan mereka tanpa kita minta sekalipun. Gunakan alat mandi yang sesuai dengan kulit anak agar tidak terjadi iritasi maupun alergi. Pastikan ketika mereka mandi kita tetap mengawasi mereka dengan baik.

5. Ajari anak untuk membereskan kamar tidurnya

Kebersihan kamar juga menjadi bagian penting dalam melindungi anak dari berbagai penyakit. Kamar yang jarang dibersihkan dan dirapikan tentu mengandung banyak debu, kotoran, dan bakteri. Oleh karena itu ajak mereka untuk membersihkan dan merapikan kamar mereka sendiri setiap harinya.

Pastikan juga kita memiliki perlindungan lain dalam menjaga kesehatan anak. Gunakan asuransi kesehatan anakasuransi kesehatan anak bila perlu.

Banyak perusahaan asuransi yang sudah menyediakan produk-produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan demikian jika mereka sakit maka tetap mendapatkan perawatan dan fasilitas kesehatan yang terbaik. Sebagai orang tua, kita harus tetap memastikan masa depan anak tetap baik dengan menjaga kesehatan mereka.

Salah satu portal informasi asuransi berikut pula penyedia produk asuransi yang bisa Anda percaya adalah Lifepal.co.id. Di sana Anda bisa membandingkan produk asuransi yang cocok untuk keluarga Anda.


Tinggalkan komentar