Manfaat Air Kelapa Menjelang Persalinan

Ketika masa kehamilan mencapai trimester ketiga, ibu hamil harus mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin, ini bertujuan agar proses persalinan jadi lancar dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada beberapa mitos yang dipercaya ibu hamil dapat membantu melancarkan proses persalinan, yaitu dengan mengkonsumsi air kelapa muda.

Entah asal usul mitos itu darimana, agar bunda tidak disesatkan oleh mitos-mitos kehamilan yang beredar, saya akan kupas kebenarannya secara mendetail.

Menurut dr Margareta Amelia “Belum ada penelitan yang membuktikan mitos ini, karena lancarnya proses persalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun, air kelapa muda memang memiliki khasiat  menjadikan air ketuban putih dan bersih.”

Menurut Guru Besar Teknologi dan Pangan IPB, Prof Dr Made Astawan, MS. “Belum ada bukti ilmiah tentang kaitan air kelapa dengan kelancaran proses persalinan,”

Dijelaskan Prof Dr Made Astawan, bukan hanya ibu hamil, orang-orang yang tidak hamil pun sangat baik jika meminum air kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit yg bila diminum siapapun, akan membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Loading...

Hal itu disampaikan Prof Dr Made Astawan dalam diskusi ‘Peran Budaya dalam Pemenuhan Gizi Ibu dan Anak’ yang digelar Sarihusada di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta, dan ditulis pada Kamis (18/7/2013).

Menurut dr. Adi Rahman, lancarnya proses persalinan sangat bergantung dari perkembangan janin. Misalnya saja, melahirkan bayi dengan berat badan normal 2,8 kg tentunya lebih mudah dibanding melahirkan bayi berbobot 4,0 kg.

Jadi, agar proses persalinan lancar nuda harus mempersiapkannya sejak awal. Salah satu langkah yang tepat adalah menjaga berat badan ibu tetap ideal agar tidak mempengaruhi bobot janin.

“Makanan harus diatur supaya tidak terlalu kelebihan gula. Walaupun konsumsi makanan cukup dan berat badan ibu normal, tapi kalau kelebihan karbohidrat dan gula, bayinya bisa besar,” tambahnya.

Hampir setiap dokter sepakat, yang terpenting dari persalinan adalah kesiapan fisik dan mental calon ibu, untuk itu bimda harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Sekian.


Tinggalkan komentar