10 Manfaat Air Kelapa Untuk Janin Dalam Kandungan

Selama kehamilan mungkin bunda pernah mendengar mitos seputar minum air kelapa bisa membuat bayi lahir dengan kulit putih bersih dan berambut hitam. Ada juga mitos lain, jika ibu hamil minum air kelapa bisa menyebabkan kontraksi pada rahim sehingga mengakibatkan keguguran.

Untuk saat ini kedua mitos tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya, karena dalam dunia medis belum menemukan jawaban akan hal itu.

Meski banyak beredar mitos-mitos di masyarakat, minum air kelapa saat hamil tetap memberikan manfaat untuk kesehatan pada ibu dan janin dalam kandungan, berikut ulasannya:

1. Menambah energi

Menurut hasil penelitian, air kelapa muda kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan klorida yang merupakan mineral terbaik yang dapat membantu meningkatkan energi bagi ibu hamil.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Menurut data yang diperoleh dari hasil penelitian, seseorang yang memiliki riwayat darah tinggi biasanya kadar kalium didalam tubuhnya sangat rendah. Fungsi utama Kalium ialah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah.

Nah, air kelapa muda yang mengandung kalium alami cukup tinggi bisa menjadi solusi dalam mengatur tekanan darah.

Penelitian terbaru menyatakan bahwa air kelapa bisa membantu meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik yang khasokh utamanya adalah meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung.

3. Mencegah dehidrasi

Kandungan Elektrolit dalam tubuh akan menurun jika bunda sering mengalami morning sickness (adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal), dengan minum air kelapa muda bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Untuk menghindari masalah dehidrasi yang bisa membahayakan janin dalam kandungan, Bunda dapat meminum air kelapa muda dua kali dalam sehari untuk menambah cairan tubuh.

4. Mencegah gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan salah satu gejala paling sering dialami ibu hamil pada trimester pertama. Bila gangguan ini tidak segera ditangani, maka kotoran akan menumpuk sehingga menimbulkan penyakit.

Loading...

Untuk mengatasi masalah ini, bunda bisa minum air kelapa secara rutin 2x dalam sehari, hal itu dikarenakan air kelapa muda dapat mengubah asam larut menjadi monolarium yang merupakan antivirus untuk melawan bakteri pencernaan.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah tidak berjalan dengan normal dapat mengakibatkan nyeri dan pegal. Menurut dokter spesialis dalam, sirkulasi darah yang tidak lancar bisa menyebabkan suplai oksigen untuk janin jadi kurang optimal.

Air kelapa muda memiliki kandungan kalium dan magnesium yang berperan dalam membantu meningkatkan fungsi jantung sehingga jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Alhasil, sirkulasi darah jadi lebih lancar sehingga pegal dan nyeri selama kehamilan akan teratasi dengan sendirinya.

6. Mencegah infeksi saluran kemih

Perubahan hormon serta terjadinya perkembangan pada rahim dapat menekan kandung kemih yang berpotensi menyebabkan masalah infeksi. Hal itu disebabkan oleh urine (atau air kencing) tidak dapat keluar dengan tuntas sehingga menjadi tempat perkembangbiakkan bakteri.

Air kelapa muda memiliki sifat diuretik, jika dikonsumsi setiap hari dapat membantu membersihkan saluran kandung kemih sehingga urine dapat dikeluarkan dengan lancar.

7. Menjernihkan air ketuban

Sebenernya salah satu bahaya air kelapa untuk ibu hamil bisa membuay air ketuban menjadi keruh, hak ini terjadi jika bunda konsumsi air kelapa secara berlebihan.

Namun, jika air kelapa dikonsumsi sesuai anjuran medis maka ketuban akan lebih jernih sehingga membuat bayi jadi lebih sehat dan pertumbuhannya pun jadi lebih optimal.

8. Menjaga berat badan

Air kelapa salah satu jenis minuman rendah kalori dan tidak mengandung lemak sehingga dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak pada pembuluh darah dalam tubuh.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang dapat berfungsi sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri dan membantu tubuh melawan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

10. Mencegah diabetes mellitus

Manfaat terakhir dari air kelapa yaitu mambantu mengkontrol kadar gula darah pada ibu hamil. Hal itu dikarenakan air kelapa dapat meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik yang berperan membantu mengontrol kadar gula darah di tubuh.

Sekian, semoga informasi tentang manfaat mimum air kelapa untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan dapat bermanfaat serta menambah wawasan bunda.


Tinggalkan komentar