Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

Banyak masyarakat Indonesia (khususnya ibu hamil) menganggap makan buah nangka ketika hamil bisa berisiko menyebabkan kontraksi hingga keguguran, ternyata anggapan itu belum dibenarkan dalam catatan medis, sebab belum ada penelitian khusus mengenai hal ini.

Justru sebaliknya, konsumsi buah nagka malah dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan bumil dan janin dalam kandungan.

Penasaran, apa saja efek positif yang bisa bunda peroleh dari konsumsi buah nangka.? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan hemoglobin

Pada masa kehamilan, setiap wanita lebih beresiko terkena anemia. Nah, manfaat utama nangka dapat meningkatkan serta menyeimbangkan hemoglobin dalam darah yang berguna membantu menurunkan risiko anemia.

Baca juga: artikel terkait nangka untuk ibu hamil

2. Sumber vitamin dan mineral

Nangka adalah sumber vitamin dan mineral yang mampu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi harian ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi 2x lebih banyak dibandingkan ketika dalam kondisi normal, agar pertumbuhan janin tidak terhambat.

Beberapa vitamin yang terkandung pada nangka diantaranya: A, C, E, K, B6, zat besi, folat, dan pantothenic acid. Sedangkan macam-macam mineral antara lain: magnesium, manggan, dan tembaga.

3. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memecah makanan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dari biasanya.

4. Meningkatkan daya penglihatan

Loading...

Kandungan vit-A dalam buah nangka mampu membantu memperkuat jaringan mata janin, sehingga ketika bayi lahir akan memiliki mata yang sehat dan terhindar dari risiko masalah penglihatan.

5. Menyehatkan ibu hamil dan mengoptimalkan pertumbuhan janin

Kandungan vit-B3 dalam buah nangka dapat membantu melancaran regulasi hormone, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengontrol hormon penyebab stress selama kehamilan sehingga akan berdampak perkembangan janin lebih optimal.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandugan kalium pada buah nangka bisa membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh, sehingga akan mengurangi ancaman serangan jantung dan juga stroke.

7. Penambahan energi

Kandungan lain pada buah nangka adalah sukrosa dan fruktosa yaitu jenis gula alami. Nah, kedua kandungan inilah yang berperan sebagai penambah energi pada ibu hamil agar tidak mudah kelelahan.

Nb. Jangan makan terlalu banyak, karena bisa menimbulkan efek samping.

8. Mencegah anemia

Zat besi merupakan kandungan dalam buah nangka yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, serta  mampu menurunkan risiko terserang anemia.

9. Meningkatkan fungsi pencernaan

Nangka salah satu buah yang mengandung serat paling tinggi, sehingga mampu memperlancar buang air besar. Seara tidak langsung akan membuat bunda terhindar dari sembelit ataupun diare.

Nb. Jangan makan kebanyakan, karena bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu serta menambah wawasan anda.


Tinggalkan komentar