Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Kebenaran akan khasiat ikan Gabus telah diuji melalui penelitian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, bahwa ekstrak Ikan Gabus dapat menjadi obat Diabetes melitus.

Penelitian ini menggunakan hewan sebagai percobaan, dan hasilnya ekstrak ikan Gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang mengalami kerusakan.

Menurut salah satu peneliti, yaitu dr. Dewi Hidayati SSi MSi (2/4/2016) “Kerusakan jaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah,”

Dewi Hidayati juga mengungkapkan, sebelum dilakukannya penelitian hewan percobaan telah diberi senyawa aloksan ke dalam tubuhnya. Pemberian senyawa aloksan ini bertujuan untuk merusak jaringan pankreas pada hewan.

Pankreas merupakan oragan yang bertugas memproduksi hormon insulin yang berguna mengatur tekanan gula darah.

Setelah beberapa saat pemberian senyawa aloksan, barulah hewan percobaan diberikan ekstrak ikan gabus.

Tak menunggu waktu lama, ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi (memperbaiki) jaringan pankreas yang sebelumnya rusak.

Kata dr. Dewi Hidayati “Sekitar 70% jaringan pankreas pada hewan percobaan dapat kembali normal,”

Loading...

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak ikan Gabus ternyata tidak hanya memulihkan jaringan pankreas, tapi juga berhasil meregenerasi jaringan testis atau impotensi.

Rencananya, riset tentang manfaat ikan Gabus ini akan dikembangkannya dalam hal molekular.

“Pendekatan molekular ini dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia,” tutur dr. Dewi Hidayati.

Dewi berharap ekstrak ikan gabus dapat menjadi obat diabetes alternatif yang efektif, karena murah dan mudah didapat oleh masyarakat.

Berdasarkan informasi dari Blueprint for Change, penderita diabetes di Indonesia tercatat mencapai sekitar 7,6 juta orang. Sebanyak 41 persen di antaranya tidak mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya, 39 persen tidak mendapatkan pengobatan, dan hanya 0,7 persen penderita diabetes yang mendapatkan pengobatan dengan tepat.

Kesimpulan…

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan ke-6 di Indonesia. Kemunculan penyakit ini tidak disadari oleh penderitanya, ini dikarenakan kurangnya pengetahuan pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.


Tinggalkan komentar