Manfaat Ikan Gabus Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi

Siapa yang tak suka makan ikan? Hampir semua jenis ikan memiliki manfaat khusus bagi kesehatan lho. Misalkan Ikan air tawar ini bisa percepat proses penyembuhan luka, ikan apa itu? Ikan gabus.

Apa dari kalian ada yang masih belum dengan ikan gabus.? Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: kutuk (jawa), bocek (riau), haruan (Banjar, Melau), kocolan (Betawi), bayong, bogo, licingan (Banyumasan), kabos (Minahasa) dan masih banyak nama lainnya.

Kenapa ahli kesehatan menyarankan terapi ikan gabus untuk pasien pasca operasi?

Menurut informasi yang saya temukan pada jurnal-jurnal kesehatan bahwa Malnutrisi atau kekurangan gizi merupakan masalah yang paling sering dialami oleh pasien yang menjalani operasi.

Nah, untuk mengganti atau menambah gizi setelah menjalani operasi caesar, ibu disarankan untuk mengonsumsi ikan gabus.

Mengapa harus ikan gabus?

Daging ikan kutuk kaya akan serat, padat dan mudah dipisahkan dengan duri sehingga sangat cocok jadi santapan ibu yang baru melahirkan Caesar.

Selain itu, dalam ikan gabus terdapat kandungan albumin yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan seseorang pasca operasi.

Albumin merupakan jenis protein paling banyak dalam plasma darah. Kadar protein albumin di tubuh manusia mencapai sekitar 60%. Kerana saat menjalani operasi caesar kehilangan banyak darah, tentu kadar albumin dalam tubuhnya di bawah standar nomal (3,5-5 g/dl).

Untuk mengembalikan kadar albumin dalam darah jadi normal, langkah yang tepat untuk dilakukan adalah mengkonsumsi ikan gabus.

Secara fisiologis, pasien yang menjalani pembedahan membutuhkan metabolik ekspenditur lebih tinggi guna memenuhi kebutuhan gizi akibat banyaknya arah.

Menurut penelitian dari IEESE International Journal of Science and Technology (IJSTE) menyimpulkan bahwa “konsumsi ikan gabus untuk pasien pasca operasi, dapat mempercepat proses pembentukan jaringan sehingga akan berdampak pada tingkat penyembuhan luka”.

Loading...

Penelitian ini dilakukan oleh Prof DR dr Nurpudji A Taslim MPH SpGK, ahli gizi dari CFNH (Center for Food, Nutrition, and Health) bersama rekan-rekannya di Universitas Hasanudin, di RS Wahidin Sudiro Husodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah beberapa kali pasien mengkonsumsi ikan gabus, kadar albumin pasien meningkat sehingga berdampak pada tingkat penyembuhan dan kesehatan.

Ada lagi…

Penelitian dari perawatan ibu bersalin caesar di Bidan Praktik Mandiri (BPM) wilayah kecamatan Tulung Klaten, pada tahun 2015.

Data diambil dari jurnal penelitian (dokpri)
Data diambil dari jurnal penelitian (dokpri)

Jumlah sampel dalam penelitian terdiri dari 40 ibu nifas sebagai kelompok eksperimen, dan 20 ibu nifas sebagai kelompok kontrol.

Ingat… pemberian ekstrak ikan gabus hanya pada kelompok eksperimen saja.

Pada kelompok eksperimen dilakukan intervensi berupa pemberian esktrak ikan gabus dan daun binahong selama 14 hari, dengan dosis 3 kali sehari dalam takaran 0,25 gram yang diminum 1 jam sebelum makan.

Dari hasil penelitian yang didapat, bahwa lama proses pemulihan luka operasi caesar pada kelompok eksperimen, paling cepat 6 hari dan paling lambat 15 hari. Sedangkan pada kelompok kontrol paling cepat 14 hari dan paling lambat 23 hari.

Berbeda jika penyembuhan ibu nifas dengan daun binahong.

Pada kelompok yang diberi daun binahong proses penyembuhan nya paling cepat 8 hari, dan paling lama 18 hari.

Sedangkan pada kelompok yang tidak diberi paling cepat 14 hari dan paling lama 23 hari.

Kesimpulan: apapun jenis olahan ikan gabus, nilai nutrisinya akan tetap berkontribusi pada penyembuhan luka.


Tinggalkan komentar