Manfaat Ikan Gabus Untuk Bayi

Pemenuhan nutrisi sangat penting bagi anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Sebab, dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi dapat melindungi anak-anak dari berbagai ancaman penyakit, salah satu contohnya adalah gizi buruk.

Ikan merupakan salah satu makanan sumber nutrisi yang cocok diberikan pada anak ketika berusia 6 bulan dalam bentuk MPASI.

Meski kebanyakan ikan mengandung sejumlah methylmercuri, yakni suatu bentuk merkur yang berpotensi menjadi racun bagi otak, jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Tambahan: Ikan yang berukuran besar atau berusia lebih dari 1 tahun cenderung memiliki kontaminasi methylmercuri tertinggi, jadi hindari.

FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika merekomendasikan ikan gabus sebagai makanan sehat untuk di bayi maupun ibu hamil. Alasannya ikan yang satu ini mengandung protein album tertinggi dibandingkan sumber protein albumin pada ikan-ikan lainnya.

Loading...

Bahkan, kadar protein pada  ikan gabus lebih tinggi dari telur, daging ayam, dan daging sapi.! Wow sekali bukan?

Bagaimana Meracik MPASI Ikan Gabus?

Untuk membuat MPASI dengan ikan, Moms harus terlebih dahulu membuang duri dan kulit ikan guna mencegah Si kecil tersedak. Setelah itu, Moms bisa memanggang atau mengukus ikan tersebut.

Untuk penyajiannya, Moms bisa menghidangkannya dalam bentuk potongan-potongan kecil atau dihaluskan yang ditaburkan di campurkan ke dalam bubur.


Mengingat ikan adalah salah satu jenis makanan alergen, sebaiknya Moms memperhatikan gejala alergi yang mungkin akan muncul setelah makan ikan.

Jika tanda-tanda alergi muncul, hentikan pemberian dan segera bawa si kecil ke dokter terdekat.


Tinggalkan komentar