Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

Kata Dokter – Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat asam lambung naik menuju esofagus (kerongkongan).

Terapi pengobatan asam lambung saat ini tersedia melalui medis dan herbal dengan rempah-rempah alam, salah satunya yaitu menggunakan kunyit.

Lantas, benarkah kunyit mampu menyembuhkan asam lambung? Ini penjelasannya

Kunyit kaya akan senyawa antiradang dan antioksidan, maka tak heran bila Tiongkok, menggunakan kunyit untuk meredakan nyeri arthritis dan melancarkan haid.

Menurut kabar terbaru, Tiongkok menggunakan rempah ini untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan hati.

Menurut pakar dari Tiongkok, kunyit mengandung bahan aktif yaitu kurkumin. Kurkumin adalah antioksidan polifenol, yang memiliki kemampuan sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker yang kuat.

Sedangkan…

Menurut sebuah studi penelitian pada 2007, refluks asam lambung atau GERD kemungkinan besar disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyakit GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Loading...

Penelitian lain juga menunjukkan bawah efek antiradang dari kandungan kurkumin bisa mencegah peradangan yang terjadi pada kerongkongan (esofagus).

Kunyit dan ekstrak kurkumin keduanya dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit berpotensi meredakan GERD. Namun, masih memerlukan penelitian lanjutan untuk menentukan apakah kunyit betul-betul ampuh dalam mengobati gejala asam lambung.

Efek samping akibat konsumsi kunyit

Kunyit adalah pengencer darah alami, oleh karena itu, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi kunyit jika sedang menggunakan obat pengecer darah dan tidak disarankan pula konsumsi kunyit jika akan menjalani operasi dalam waktu dekat.

Kunyit juga dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan membuat masalah kantung empedu semakin parah.

Selain itu, adad beberapa orang yang melaporkan bahwa konsumsi kunyit justru memperburuk kondisi asam lambung. Ini mungkin karena rasa pedas yang terkandung didalamnya.

Wanita hamil atau menyusui seharusnya tidak menggunakan kunyit dalam jumlah berlebihan dalam bentuk apa pun.

Konsumsi kunyit untuk jangka panjang atau dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya gangguan pencernaan, mual, diare, gatal-gatal, jantung berdenyut cepat, atau kesulitan bernapas.

Sebaiknya.!!! Anda segera hentikan penggunaan kunyit, jika dalam beberapa hari gejala masih selalu dirasakan atau mungkin lebih parah, segera periksa ke dokter.


Tinggalkan komentar