Manfaat Labu Kuning Untuk Ibu Hamil

Labu kuning sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang lezat dan mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan nikmat. Selain lezat, makanan yang terbuat dari buah ini menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda khususnya ibu hamil.

Menurut hasil penelitian, setidaknya, ada 19 vitamin dan mineral, termasuk antioksidan, serat, serta beragam nutrisi lain yang terkandung didalam labu.

Oleh karena itu, maka tak heran apabila banyak ahli kesehatan dan gizi yang merekomendasikan labu kuning sebagai makanan tambahan atau makanan utama bumil, sebab mampu menunjang kesehatan dan pertumbuhan janin.

1. Vitamin A

Labu kuning kaya akan vitamin A dan senyawa betakaroten. Kedua jenis nutrisi tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata.

2. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam labu kuning cukup tinggi. Menurut dokter gigi, vitamin ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, tulang, dan gigi. Bahkan, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil. Selain itu, kebutuhan vitamin C pada ibu hamil penting untuk dicukupi karena vitamin ini bermanfaat membantu penyerapan zat besi untuk mencegah anemia atau kekurangan darah.

Nb. Sedikit tambahan, jika anda tinggal di wilayah jawa timur dan ingin mencari dokter gigi di malang menjadi solusinya.

3. Vitamin E

Selain vitamin A dan C, labu kuning juga mengandung vitamin E. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat membantu melancarkan perbaikan kulit.

4. Serat

Labu kuning banyak mengandung serat yang berguna bagi ibu hamil untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh sehingga dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Selain itu, serat juga dibutuhkan oleh ibu hamil mencegah kenaikan berat badan yang berlebih.

Loading...

5. Zinc

Zinc yang terkandung dalam labu kuning bermanfaat memperkuat massa tulang dan menjaga kesehatan tulang untuk mencegah berbagai gangguan pada tulang, seperti keropos tulang (osteoporosis), pegal atau nyeri pada tulang.

6. Kalium

Labu kuning juga mengandung kalium. Nutrisi ini bermanfaat menjaga tekanan darah atau menjaga tekanan darah tinggi (hipertensi).

7. Kalori yang rendah gula

Labu kuning mengandung jenis kalori yang rendah gula. Kandungan ini bermanfaat untuk menstabilkan gula darah tubuh, namun cukup memberikan energi bagi ibu hamil.

8. Asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pada janin sehingga mampu mencegah bayi lahir cacat.

9. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 pada labu sangat baik bagi perkembangan otak janin. Bahkan, nutrisi ini sangat dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan pada anak Anda nanti.

10. Asam lemak tak jenuh

Asam lemak tak jenuh atau labu kuning yang bersifat rendah kolesterol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke pada ibu hamil.

Sekian


Tinggalkan komentar