Olahan Labu Kuning Untuk Ibu Hamil

Bila ingin menikmati labu kuning, tak melulu harus dikukus dan disajikan sebagai isian kolak saja. Padahal buah dengan ciri khas bertekstur lembut dan empuk ini dapat diolah menjadi beragam jenis olahan.

Meski Labu tidak sama dengan jenis buah lainnya yang bisa dimakan secara langsung, namun rasa dan kelezatannya tak perlu diragukan lagi.

Di masyarakat Indonesia khususnya Jawa,  labu kuning biasa dikenal dengan sebutan waluh yang kerap dijadikan sebagai sajian kolak.

Bukan hanya harganya yang ekonomis dan rasanya yang nikmat, labu kuning ternyata menyimpan beragam nutrisi didalamnya. Terlebih, bagi kalian yang tengah melakukan program diet tak perlu khawatir melahapnya, karena labu kuning rendah kalori, bahkan beberapa ahli justru malah menyarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin lho.

Bagaimana bunda penasaran, apa saja jenis olahan tersebut? 5 rekomendasi olahan labu kuning yang telah di rangkum oleh kata dokter berikut ini:

1. Donat labu kuning

Bila biasanya donat terbuat dari bahan dasar tepung terigu atau kentang, ternyata kudapan bulat ini juga bisa dibuat dari daging labu kuning, lho. Cukup campurkan labu kukus yang sudah dihaluskan, tepung terigu, air, susu bubuk, mentega, garam, telur, gula, serta ragi instan hingga merata. Setelahnya, tunggu hingga adonan mengembang.

Selanjutnya, goreng donat yang sudah dibentuk bulat hingga keemasan dan taburi dengan topping sesuai selera. Tekstur empuk dari donat labu kuning ini bahkan bisa kamu nikmati hingga beberapa hari.

2. Klepon labu kuning

Jajanan pasar atau tradisional ini terdiri dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah nan lumer dan meleleh saat klepon digigit. Jika ingin merasakan cita rasa yang berbeda, kamu bisa mencampurkan kukusan labu kuning ke dalam adonan klepon.

Warna kuning alami dari labu akan membuat tampilan klepon semakin cantik. Hampir sama dengan cara pengolahan klepon pada umumnya, uleni tepung ketan bersama garam dan santan, lalu tambahkan lumatan labu yang sudah dikukus. Isi dengan gula merah dan bentuk bulat, lalu rebus hingga mengapung.

Gulingkan klepon yang sudah matang di atas parutan kelapa hingga menutupi seluruh permukaannya sebelum menyajikannya. Nikmat!

Loading...

3. Bolu labu kuning

Sama seperti kentang, tekstur lembut dari labu kuning dapat membuat hidangan roti menjadi semakin empuk. Selain donat, labu kuning juga bisa ditambahkan sebagai campuran adonan bolu.

Cara membuatnya pun tak sulit, cukup aduk telur, gula, dan Sp dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang. Setelahnya, tambahkan labu yang sudah dihaluskan dan tepung terigu, lalu aduk lagi dengan kecepatan lebih rendah. Masukkan mentega, aduk kembalil hingga rata.

Panggang selama kurang lebih 40 hingga 60 menit dengan api kecil. Untuk menambah cita rasa serta tampilannya, tambahkan topping sesuai selera. Voila! Bolu labu kuning empuk nan lembut siap untuk disantap.

4. Puding labu kuning

Ingin menyantap buah labu kuning dengan sensasi kesegaran yang berbeda? Yuk, coba olah menjadi puding yang segar nan menyehatkan. Kudapan ini bahkan bisa disantap oleh balita karena teksturnya yang sangat lembut.

Campur labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan bersama susu atau santan serta bubuk agar-agar, lalu saring agar teksturnya lebih halus. Kemudian, masak di atas api kecil dan tambahkan gula secukupnya sambil terus diaduk.

Setelah mendidih, tuangkan ke dalam cetakan dan diamkan hingga dingin. Simpan di dalam kulkas sebelum menyajikannya agar terasa lebih segar.

5. Kue lumpur labu kuning

Kue lumpur dikenal akan teksturnya yang begitu lembut dan meleleh di dalam mulut. Kira-kira, apa jadinya bila kelembutan dari kue lumpur dipadukan dengan empuknya labu kuning?

Untuk membuat sajian kue lumpur labu kuning, kamu bisa memanaskan santan dan daun pandan terlebih dahulu. Setelahnya, blender santan bersama labu kuning, telur, gula, dan garam. Campur hasil blender tersebut dengan tepung terigu dan aduk hingga rata. Jangan lupa, tambahkan pula margarin agar aromanya semakin menggoda.

Cetak adonan tersebut di atas cetakan kue lumpur, tambahkan kismis sebagai topping. Masak hingga matang. Sajian kue lumpur labu kuning yang lembut pun siap menjadi teman kudapan soremu.

Nah, jadi rekomendasi kuliner tradisional labu kuning mana yang pernah coba?


Tinggalkan komentar