Penyebab Gatal Pada Kulit Yang Tak Kunjung Sembuh

Rasa gatal yang terjadi pada kulit tentunya sangat mengganggu. Apalagi kalau datangnya secara tiba-tiba dan tak kunjung sembuh, iyakan. Dan yang peling menjengkelkannya lagi, terkadang rasa gatal itu menjalar sampai ke bagian tubuh lainnya, jika digaruk rasanya akan semakin gatal dan apabila tidak digaruk rasanya tak tertahankan.

Bingung jadinya…

Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengetahui penyebabnya kita perlu memperhatikan kulit lebih seksama atau dengan memeriksakannya ke dokter terdekat agar dapat diketahui pemicunya.

Sebab, hanya dengan melihatnya saja terkadang belum tentu bisa membantu kita untuk mengetahui penyebabnya.

Beberapa jenis gatal terkadang muncul tanpa benjolan, lepuh, ruam, bintil, atau kelainan kulit lain.

1. Kulit kering

Jika Anda tidak melihat adanya ruam atau perubahan secara dramatis pada area yang gatal, kulit kering (xerosis) mungkin bisa jadi penyebabnya. Kondisi kulit kering bukanlah sesuatu yang serius, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

Sebab ketika kulit menjadi kering, kulit akan mengalami kerutan, sehingga timbul keriput dan garis-garis halus.

Jika terjadi kulit kering, anda mungkin saja akan melihat seperti sisik, serpihan, atau kulit yang mengelupas pada kulit.

Kulit kering biasanya terjadi karena faktor usia atau faktor lingkungan, seperti berada di tempat dalam dingin terlalu lama, mandi/berendam air hangat terlalu lama, sabun berbahan keras, bahan pakaian gatal, iritasi akibat produk-produk tertentu (misalnya logam atau parfum tertentu), hingga salah dalam memakai produk pelembap kulit.

2. Reaksi obat

Loading...

Ketika anda minum Antibiotik, obat antijamur, atau penghilang nyeri narkotik terkadang dapat menyebabkan timbulnya gatal secara tiba-tiba yang meluas di seluruh area tubuh. Biasanya, jika alergi kulit karena reaksi obat akan menimbulkan ruam bersamaan dengan gatal.

3. Kurap

Kurap merupakan sejenis infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh perkembangbiakan jamur secara masif. Kondisi ini dapat ditemukan pada setiap orang dan tak mengenal usia. Khususnya bagi mereka yang tidak menjaga kebersihan.

Tinea cruris, nama lain dalam dunia medis dari kurap, biasanya terjadi di daerah yang hangat dan lembap, dan sering muncul bersamaan dengan kaki jamuran. Kurap biasanya ditemukan di dekat lipatan paha atas, dan menimbulkan gatal secara tiba-tiba.

Gatal akibat kurap dapat diperparah oleh kelembapan dan gesekan konstan di area terinfeksi. Meski bedak jamur non-resep dapat menyembuhkan kasus kurap ringan hingga sedang, sementara kasus infeksi berat memerlukan resep dokter.

4. Kudis

Kudis adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei) yang menggali lubang-lubang kecil di kulit kita. Kondisi kulit ini juga akan menimbulkan bintik-bintik merah disertai gatal.

Kudis tergolong sangat menular dan mudah menyebar hanya dengan kontak kulit dalam jangka waktu panjang dengan orang yang terkena penyakit ini, seperti ketika berbagi pemakaian handuk, seprai, atau baju.

5. Penyakit dalam

Kulit gatal yang muncul secara tiba-tiba dapat menjadi gejala dari suatu penyakit dalam, seperti diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid, penyakit celiac, HIV/AIDS, sindrom Sjogren, kelainan darah (misalnya, polisitemia rubra vera), dan kanker (termasuk leukemia dan limfoma).

Stres dan penyakit kejiwaan lainnya, seperti gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif juga bisa menjadi penyebab dari kemunculan kulit gatal secara tiba-tiba tanpa gejala yang jelas.

Gatal yang diakibatkan oleh suatu penyakit dalam biasanya akan dirasakan seluruh area tubuh. Dalam situasi ini, mungkin saja anda tidak melihat perubahan pada kulit (kecuali hanya beberapa tanda goresan bekas garukan).


Tinggalkan komentar