Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Ikan gabus atau yang punya nama latin channa striata adalah salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ikan lokal yang satu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Kata Dr. Taufik Jamaan Sp.OG dari RSIA Bunda, Selasa (21/11/2017), “Ikan gabus mengandung protein albumin, asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan bagi bumil da janin. Dibandingkan dengan ikan salmon, zat gizi ikan gabus jauh lebih tinggi,”

Perkataan dokter Taufik tersebut juga didukung hasil penelitian dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang, bahwa kandungan protein albumin pada ikan gabus yaitu sebesar 62.24 gram/kg, sedangkan pada ikan lain atau daging dan telur kandungan albumin nya hanya sekitar 10 gram/kg.

Protein Albumin sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mengangkut nutrisi dan memperbaiki kerusakan jaringan sel di dalam tubuh.

Tambah dr. Taufik “Jika ibu hamil kebutuhan albuminnya terpenuhi maka bayi akan berkembang dengan baik selama sembilan bulan di dalam perut. Sebaliknya kalau albuminnya kurang, anak akan kekurangan gizi dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal,”.

Berdasarkan informasi kesehatan dunia yang sudah kami kumpulkan, berikut manfaat makan ikan gabus secara rutin bagi ibu hamil :

1. Mencegah preeklampsia

Penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dipimpin Dr. Mala Nurilmala, esktrak minyak mentah ikan gabus sangat kaya akan protein albumin.

Bila ibu hamil mengalami kekurangan protein albumin akan mengalami pembengkakan dalam jaringan serta berisiko tinggi mengalami preeklampsia.

Praeklampsi merupakan kondisi berbahaya pada masa kekamilan, yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, kelebihan protein dalam urin, hingga gangguan penglihatan.

Kondisi ini tak hanya berbahaya, melainkan dapat berujung kematian.

2. Meningkatkan perkembangan otak pada janin

Masih dalam penelitian yang sama yaitu (IPB) yang dipimpin Dr. Mala Nurilmala, juga menemukan kandungan asam lemak omega-3 tak jenuh ganda rantai panjang (PUFA) yang sangat tinggi di dalam ikan gabus. Nutrisi ini sudah terbukti mampu meningkatkan perkembangan otak janin di masa kehamilan.

3. Mencegah darah tinggi

Loading...

Jika seorang wanita mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi selama kehamilan, maka aliran darah yang melewati plasenta menjadi semakin sedikit. Akibatnya janin hanya menerima sedikit oksigen dan nutrisi. Hal ini akan menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan sehingga menjadi prematur.

Menurut penelitian, pada protein ikan gabus yang didukung mineral seng, tembaga, dan zat besi memiliki peran cukup penting dalam mengkontrol tekanan darah tinggi bagi ibu hamil.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Penelitian dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, menemukan protein striatin merupakan bioactive protein fraction yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka pasca persalinan.

Jadi makan ikan gabus atau ekstraknya sangat baik untuk ibu hamil dalam menyambut hari kelahiran.

5. Menjaga fungsi ginjal

Ginjal adalah salah satu bagian organ tubuh yang sangat vital, dimana kita harus menjaganya dengan baik. Sebab ginjal berfungi menyaring racun dan mengeluarkannya melalui urime.

Dengan mengkonsumsi ikan gabus, secara tidak langsung anda sudah membantu dan menjaga kesehatan fungsi ginjal.

6. Menjaga kekebalan tubuh

Salah satu hal penting yang harus di perhatikan ketika hamil adalah sistem kekebalan tubuh, sebab ibu hamil lebih rentan terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri.

Nah, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik ketika hamil, Anda bisa mengonsumsi ikan gabus secara rutin.


Melihat kebutuhan protein Albumin yang cukup tinggi, PT Pharos Indonesia meluncurkan produk “Albusmin” yang merupakan ekstrak ikan gabus dengan kadar protein albumin, asam amino dan mineral dalam jumlah tinggi.

Saat ini, Suplemen ini sudah tersedia di apotek diseluruh Indonesia dengan harga Rp 170 ribu.

Semoga bermanfaat.


Tinggalkan komentar