Manfaat Buah Nanas Untuk Asam Lambung

Manfaat Buah Nanas untuk Asam Lambung

Kata Dokter - Semua tumbuhan yang tumbuh di bumi pastinya memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tidak terkecuali buah nanas. Buah ini tumbuh didaerah dengan iklim tropis dan terus berbuah tidak mengenal musim.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan dalam buah nanas terdapat beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat.

Selain gizi tersebut, masih ada beberapa unsur lain dalam buah nanas yang memiliki peran dalam meningkatkan sistem pencernaan manusia.

Manfaat Nanas Untuk Asam Lambung

1. Memperbaiki kerusakan pada pencernaan

Menurut Medical Center di Maryland Universiy, buah nanas mengandung enzim yang sangat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan manusia, yang disebut bromelain.

Enzim ini merupakan campuran dari enzim proteolitik yang berfungsi membantu usus memecah dan menyerap protein menjadi lebih maksimal.

Manfaat lain dari enzim bromelain ini, yaitu meringankan beragam masalah perut seperti, sakit perut, kembung, sembelit dan diare.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Biasanya makanan yang mengandung serat tinggi lebih susah dicerna oleh labung, tapi berbeda dengan buah nanas. Serat yang terkandung didalamnya mampu meningkatkan kwalitas sistem pencernaan.

Normalnya sistem penceranaan manusia membutuhkan 14 gram dari total serat 1000 kalori setiap harinya, dan itu bisa Anda dapatkan cukup dengan konsumsi buah nanas. 

Menurut Colorado State University Extension, hanya makan setengah potong  buah nanas sudah bisa memenuhi 2,2 gram dari total serat makanan ynag dibutuhkan oleh tubuh.

3. Mengatasi perut kembung

Biasanya, kemunculan perut kembung ditandai dengan rasa tidak nyaman serta perut membesar dan keras karena ada tekanan gas yang kuat.

Bagi kalian yang mengalami masalah ini tak perlu khawatir. Cukup makan buah nanas beberapa potong kembung yang anda alami akan mengahilang degan sendirinya.

4. Mencegah kanker usus

Makan buah nanas secara rutin dapat menurunkan risiko kanker usus. Hal itu dikarenakan antioksidan yang terkandung pada nanas mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu buah nanas juga kaya akan vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Efek samping kebanyakan makan buah nanas

Meski buah nanas cukup baik untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem pencernaan, tapi tidak baik apabila kita mengonsumsinya secara berlebihan.

Efek samping makan buah nanas dalam jumlah berlebih akan menimbulkan bengkak dan agak gatal di bagian bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh sifat daging nanas yang panas, namun akan hilang dalam beberapa jam.

Jikalau disertai gatal-gatal sampai mengakibatkan sulit bernapas, artinya Anda alergi dengan buah nanas.

Sedangkan untuk wanita hamil, asupan bromelain yang berlebihan dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran.

Ingat... ibu hamil tetap boleh makan buah nanas dengan catatan tidak berlebihan.

Baca juga artikel lain dalam topik Asam Lambung atau berikut ini:
Manfaat Buah Nanas Untuk Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...