Manfaat, Efek Samping dan Kandungan Nasi Tumpeng

Manfaat, Efek Samping dan Kandungan Nasi Tumpeng

Indonesia memiliki beragam jenis kuliner khas yang tersebar diseluruh penjuru nusantara sejak dahulu kala. Salah satu kuliner khas yang terkenal dan berasal dari tanah Jawa adalah Nasi Kuning.

Nasi kuning dimasak dengan dicampur kunyit sehingga menciptakan warna kuning. Selain menarik dilihat, nasi kuning ternyata memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan.

Menurut para peneliti, di dalam nasi kuning terdapat kandungan karbohidrat, kalori, antioksidan, beberapa nutrisi penting yang diperlukan tubuh.

Penasaran apa saja manfaatnya, berikut ulasannya:

1. Membantu meredakan peradangan

Salah satu penyebab terjadinya peradangan adalah makanan pedas atau berminyak. Manfaat pertama nasi kuning yaitu berguna dalam mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.

2. Membantu mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada nasi kuning, berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker yang bersarang didalam tubuh kita. Untuk menjaga agar tubuh terbebas dari kanker, sebaiknya anda menjadikan nasi kuning sebagai santapan setiap hari.

3. Membantu mencegah penyakit alzeimer

Penyakit alzeimer lebih sering dialami oleh seseorang yang sudah lanjut usia (lansia), untuk mencegah kemungkinan terjangkit penyakit ini para lansia disarankan untuk mengkonsumsi nasi kuning setiap saat.

4. Meredakan maag

Kandungan kalori dan karbohidrat akan membantu anda dalam menangani masalah lambung, seperti mual, sakit, perih. Untuk menjaga agar maag tidak kambuh, sebaiknya anda menjadikan nasi kuning sebagai santapan harian.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Jika Anda salah satu dari 94juta penduduk Indonesia yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, maka Anda bisa mengkonsumsi nasi kuning untuk menurunkannya. Pasalnya kandungan dalam nasi kuning sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Meningkatkan fungsi otak

Fungsi utama otak yaitu mengatur gerakan tubuh. Untuk meningkatkan fungsi otak yang dapat kita lakukan adalah mengkonsumsi nasi kuning lebih banyak. Sebab kandungan nutrisi yang tersimpan didalamnya dapat membantu otak dapat berfungsi secara maksimal.

Jika berbicara tentang nasi kuning. Saat ini, sudah banyak kreasi nasi kuning dalam berbagai model, salah satunya adalah nasi tumpeng yang berbahan dasar nasi kuning.

Nasi tumpeng banyak digunakan untuk merayakan atau memperingati suatu kejadian, sebagai bentuk rasa syukur. Berbagai kreasi nasi tumpeng yang dapat Anda temukan atau memesannya di Nasi Tumpeng Jakarta.

Sekian.
Manfaat, Efek Samping dan Kandungan Nasi Tumpeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...