Karakteristik Ekonomi Digital yang Harus Anda Kenali dan Ketahui


Ekonomi digital adalah salah satu istilah yang sudah sering sekali muncul di berbagai media. Istilah ini memiliki arti sebuah aktivitas ekonomi yang berasal dari koneksi internet baik itu bisnis yang berupa produk maupun jasa. Anda juga perlu mengenali dan mengetahui karakterisitik ekonomi  digital. 

Ini adalah kesempatan baru dalam dunia perekonomian di Indonesia yang mana memberikan kemungkinan peningkatan dalam bidang ekonomi. Ekonomi digital juga membentuk sebuah struktur bisnis baru dan cara memperoleh relasi bisnis serta konsumen baru. 

Pada saat ini untuk dapat bertahan dan memenangkan setiap persaingan ekonomi Anda harus memahami dengan baik karakteristik landasan ekonomi digital. Karena konsep ekonomi digital ini sangat berbeda dengan konsep ekonomi konvensional. Jadi, hal tersebut sangat penting untuk melakukan transformasi bisnis ke ekonomi digital. 

Karakteristik Ekonomi Digital 

Nah, berikut ini adalah karakteristik yang harus Anda pahami dan ketahui dari ekonomi digital. Berbekal uraian penjelasan karakteristik dari pintu.co.id ini, Anda bisa melakukan perubahan dari konsep ekonomi konvensional ke ekonomi digital dengan cepat dan tepat.

1. Pengetahuan 

Ilmu-ilmu dalam suatu perusahaan pasti memiliki ciri khasnya tersendiri dimana menjadi faktor penting dan paling menentukan. Dalam hal ekonomi digital, pengetahuan merupakan hal yang harus ada di setiap perusahaan. 

2. Digitalisasi dan Visualisasi 

Seperti namanya, yaitu ekonomi digital, maka semuanya akan serba digital dan virtual. Kedua hal ini akan menjadi sahabat setia Anda ketika menjalankan bisnis di perusahaan Anda dengan menganut ekonomi digital. 

Ini akan menjadi pekerjaan rumah besar untuk bisnis Anda apabila belum menyentuh teknologi digital sama sekali. Tentu saja semua itu bisa Anda perbaiki secara perlahan melalui pemberdayaan teknologi digital secara berkala. 

3. Penuh Inovasi

Karakteristik berikunya adalah penuh inovasi sehingga Anda harus selalu memberikan perbaikan-perbaikan inovatif pada bisnis Anda. persaingan yang tidak mengenal batas akan memaksa Anda untuk selalu menghadirkan inovasi terhadap bisnis Anda. Bila tidak, maka bisnis Anda tentu akan kesulitan untuk bertahan dengan baik. 

4. Produsen Sekaligus Konsumen 

Anda mungkin saja memiliki bisnis tertentu entah itu penjualan barang atau penyediaan jasa. Untuk mengerjakan semua bisnis tersebut ada kemungkinan Anda tidak bisa sendiri dan perlu bantuan orang lain. 

Misalnya saja, sebagai produsen barang tertentu Anda membutuhkan jasa layanan pemasaran yang sesuai dengan bisnis serba digital seperti sekarang. Nah, di sini Anda akan menjadi konsumen untuk penyedia layanan jasa marketing tersebut. 

Demikianlah beberapa karakteristik ekonomi digital yang dapat Anda pelajari. Pahami dengan baik dan cobalah untuk mengimplementasikan pada bisnis Anda. Bila sudah, Anda bisa mempelajari karakteristik yang lain dari pintu.co.id. Sehingga Anda bisa menerapkan ekonomi digital untuk bisnis Anda secara menyeluruh dan penuh. 

Karakteristik Ekonomi Digital yang Harus Anda Kenali dan Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...