Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin Untuk Covid


Semua pasien COVID-19 yang baru sembuh, tetap harus memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi dan vitamin untuk covid. Apalagi jika dilihat dari kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 yang terbatas, membuat para pasien banyak melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Bagi Anda yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, ada beberapa vitamin yang wajib dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk membantu tubuh melawan COVID-19.

Manfaat Vitamin Untuk Covid

Bagi semua pasien COVID-19 sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin D dan C agar tubuhnya cepat pulih. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari vitamin tersebut yaitu.

1. Vitamin C

Salah satu gejala yang sering terjadi saat COVID-19 adalah sesak nafas. Dengan mengonsumsi vitamin C bisa membantu Anda mengurangi peradangan. Vitamin C bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala pilek. 

2. Vitamin D

Vitamin D berguna sebagai fosfor darah dalam tubuh dan mempertahankan kadar kalsium. Namun, vitamin D juga bisa melindungi Anda dari adanya infeksi pernapasan akibat COVID-19.

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks tidak kalah penting untuk tubuh, karena dapat membantu kondisi Anda selama menjalani isolasi mandiri. Vitamin B ini dapat membantu tubuh lebih cepat pulih.

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin tidak dihasilkan secara alami oleh tubuh, oleh karena itu harus mendapatkannya melalui beberapa sumber. Terdapat beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin C di antaranya :

1. Jeruk

Salah satu buah yang memiliki vitamin C dikenal dengan jeruk. Dalam buah jeruk ada lebih 70 miligram vitamin C. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, Anda dapat mengolah buah jeruk menjadi makanan ataupun minuman. 

2. Stroberi

Buah ini sangat bermanfaat untuk tubuh dan mengandung antioksidan tinggi. Stroberi dapat menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh. Jadi sangat bagus untuk mendukung nutrisi Anda.

3. Kiwi

Dalam buah kiwi juga sudah memiliki kandungan vitamin C. Walaupun buah ini mahal harganya namun asupan nutrisinya sangat banyak. Buah kiwi ini mempunyai rasa asam, jadi bisa mengolahnya kembali menjadi minuman sehat.

4. Brokoli

Berbeda dengan buah lainnya, sayuran ini menjadi salah satu makanan yang rasanya hambar. Sayuran brokoli ini memiliki vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Brokoli bisa dijadikan sebagai tambahan makanan Anda dengan nasi.

5. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C sebanyak 125 miligram dan setara dengan 140% dari angka harian. Buah jambu biji dapat diolah menjadi minuman segar agar enak dikonsumsi.

6. Pepaya

Buah pepaya dipercaya bisa membantu mencegah penyakit kanker dan demensia. Bahkan, bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menjadi alternatif apabila sedang kesulitan buang air besar.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dan sumber makanan yang mengandung vitamin untuk covid. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang saat ini sedang isoman mandiri di rumah.

Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin Untuk Covid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...