Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan

Makan rambutan ketika masa kehamilan mungkin membuat sebagian ibu hamil was-was. Menurut hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rambutan mengandung banyak vitamin dan kandungan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Dilansir dari Mom Junction, mengkonsumsi rambutan tidak menimbulkan efek samping negatif maupun bahaya pada perempuan hamil. 

Namun, ada beberapa poin yang wajib Bunda perhatikan sebelum memakan buah rambutan:

1. Hindari makan rambutan terlalu matang

Sebelum makan buah rambutan (Ace) sebaiknya bunda memilih rambutan dengan tingkat kematangan yang normal. 

2. Hindari makan rambutan jika Bunda memiliki penyakit gula

Dilarang bagi setiap ibu hamil makan rambutan yang terlalu matang jika memiliki riwayat penyakit gula. Sebab kandungan gula pada rambutan yang tua atau terlalu matang sangat tinggi sehingga bisa membahayakan Bunda maupun janinnya.

Makan buah rambutan yang sudah dikupas dalam jumlah sesuai anjuran dapat membantu mengurangi pusing, mual, dan mengendalikan tekanan darah tinggi, hal itu dikarenakan dalam rambutan terdapat kandungan zat besi, vitamin C yang tinggi. 

Menurut dr Jolinda Johary dari GoDok, ibu hamil dilarang mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti: ikan tuna, makarel, dan swordfish. Sebab ketiga makanan tersebut memiliki kandungan merkuri yang tinggi sehingga dapat membahayakan ibu dan janin. Selain itu, ibu hamil juga disarankan menghindari makan sayuran mentah, kecambah, dan telur yang belum matang.

Tambah dr Jolinda, Telur mentah sama halnya dengan daging mentah, dapat berpotensi mengandung bakteri jenis Salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan demam, mual, muntah, diare, serta kram pada perut. Bahkan pada beberapa kasus tertentu, bakteri ini dapat menginfeksi uterus, sehingga menyebabkan bayi lahir prematur sampai kematian.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...