Tips Agar Cash Flow Selalu Positif


Cash flow adalah laporan uang yang didapat dan dikeluarkan dalam periode waktu tertentu. Sehingga cash flow ini memiliki peranan sangat vital terhadap keberlangsungan suatu bisnis.

Untuk itu, dalam menjalankan sebuah bisnis memperoleh keuntungan tentunya jadi tujuan utama. Namun untuk mewujudkannya anda bisa mencoba tips dibawah agar cash flow anda tetap berjalan positif, di antaranya:

Buat Anggaran Belanja

Ketika sudah memiliki bisnis, pastinya kita memiliki keinginan untuk membuat usaha tersebut menjadi lebih besar. Faktor yang paling mempengaruhi kemajuan dari sebuah perusahaan adalah sehat tidaknya kondisi perekonomian pada perusahaan tersebut. Salah satu cara untuk membuat kondisi ekonomi pada perusahaan tetap positif maka sangat dibutuhkan anggaran belanja yang sesuai dengan kebutuhan.

Yang dimaksud sesuai, artinya semua anggaran yang dibuat harus benar-benar untuk keperluan karyawan dan bisnis, bukan sekadar ekspansi berisiko. Untuk membuat anggaran yang benar dan sesuai, kita memperhatikan laporan keuangan di tahun-tahun sebelumnya.

Membuat Laporan Keuangan

Dari awal telah disebutkan bahwa inti dari cash flow adalah laporan keuangan. Jadi untuk mengetahui apakah arus keuangan positif ataupun negatif tentunya saja diperlukan adanya laporan yang menyeluruh dari setiap pos. Dalam pembuatan laporan keuangan ini tentu saja harus dilakukan dengan sangat teliti atau bahkan melalui proses audit beberapa kali untuk mendapatkan laporan terbaik.

Anda juga perlu memastikan setiap uang yang keluar atau masuk tercatat dengan baik yang disertai bukti konkrit. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin dengan pengawasan yang tepat, tentunya akan membuat cash flow yang tadinya negatif menjadi positif sehingga memberikan keuntungan yang signifikan pada perusahaan yang anda jalankan.

Mencari Penghasilan Tambahan

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan pada perusahaan bisa dilakukan dengan cara berinvestasi saham pada sektor yang masih berkaitan dengan perusahaan anda. Meskipun cukup berisiko, jika investasi ini dilakukan, nantinya akan berpengaruh terhadap arus kas. Akan tetapi sebelum anda melakukan investasi, ada baiknya pastikan terlebih dahulu dengan baik bagaimana kondisi perekonomian perusahaan dan pasar. Bila melakukan investasi dirasa tepat, bisa dilakukan tanpa harus mengalami kerugian.
Tips Agar Cash Flow Selalu Positif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...