Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia: Berikut Jenis-jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui


Untuk melindungi masa depan diri sendiri dan keluarga, asuransi menjadi salah satu jenis perlindungan yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Adanya asuransi akan membantu menanggulangi resiko finansial atau kerugian lainnya yang mungkin terjadi di masa mendatang karena suatu kondisi, seperti meninggal dunia, kecelakaan, dll. Di Indonesia ada banyak sekali jenis asuransi yang digunakan sebagai perlindungan masa depan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis asuransi ini memiliki manfaat yang berbeda-beda, sehingga penting bagi setiap nasabah untuk benar-benar mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya. Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup banyak diminati. Banyak sekali produk asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Produk asuransi jiwa juga hampir ada pada tiap-tiap perusahaan asuransi. Sehingga memang bukan hal yang susah untuk mendapatkan produk perlindungan yang satu ini. Asuransi jiwa itu sendiri merupakan jenis asuransi yang akan memberikan manfaat finansial ketika tertanggung atau polis meninggal dunia, sakit, atau cacat. Agar bisa mendapatkan manfaat finansial ini, setiap tertanggung atau pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah premi asuransi, baik dengan skema pembayaran bulanan maupun tahunan.

Besarnya jumlah premi yang harus dibayarkan ini sudah tercantum dalam polis dan disepakati secara bersama oleh kedua belah pihak, yaitu tertanggung atau pemegang polis dengan pihak perusahaan asuransi. Manfaat dari asuransi jiwa ini nantinya akan diterima atau diberikan kepada ahli waris yang telah ditunjuk oleh pemegang polis atau tertanggung. Ahli waris yang bisa mendapatkan ini bisa orang yang memiliki hubungan darah dengan pemegang polis maupun bukan. Namun semuanya harus ada bukti tertulis sejak masa penandatanganan polis dilakukan.

Karena manfaatnya inilah, banyak dari mereka yang sudah berkeluarga memiliki asuransi jiwa sebagai bentuk kasih sayang dan perlindungan bagi keluarganya. Namun sebelum membeli produk asuransi jiwa, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Karena masing-masing akan memberikan manfaat yang berbeda-beda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga saat ini. Adapun jenis-jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Asuransi jiwa berjangka

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa yang satu ini memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Untuk jangka waktu yang biasanya ditawarkan, yaitu ada yang 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, dll. Besarnya premi yang dibayarkan biasanya flat. Manfaat berupa dana pertanggungan hanya akan didapatkan jika pemegang polis meninggal atau mengalami resiko sakit yang fatal saat masa polis masih berlaku. Uang pertanggungan pada asuransi jiwa berjangka cukup besar. Namun tentunya juga disesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih dan besaran premi yang dibayarkan setiap bulannya.

2. Asuransi jiwa seumur hidup

Untuk asuransi jiwa jenis ini, masa pertanggungan yang diberikan lebih panjang, dimana bisa sampai 100 tahun. Karena masa pertanggungan yang panjang dan klaim yang cukup besar, tak heran jika asuransi jiwa seumur hidup memiliki premi asuransi yang cukup besar. Kelebihan dari asuransi ini adalah premi yang tidak diklaim tidak akan hangus. Sehingga ketika masa pertanggungan habis dan belum melakukan klaim, maka Anda bisa mendapatkan kembali sejumlah uang premi yang telah dibayarkan.

3. Asuransi jiwa dwiguna

Asuransi jiwa jenis ini memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai asuransi dan tabungan. Jika tertanggung mengalami resiko meninggal dunia dalam jangka waktu polis, maka ahli waris yang telah ditunjuk akan mendapatkan manfaat uang pertanggungan sesuai dengan kesepakatan awal dengan pihak asuransi. Sedangkan jika selama periode.

4. Asuransi jiwa unit link

Jenis asuransi jiwa yang satu ini memiliki basis investasi. Sehingga saat memiliki asuransi jiwa unit link, Anda bisa mendapatkan keuntungan perlindungan sekaligus dengan manfaat investasi. Jenis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan penghasilan tambahan. Anda jadi bisa memberikan perlindungan yang maksimal bagi masa depan keluarga. Untuk unit link, nantinya ahli waris akan mendapatkan manfaat uang pertanggungan yang cukup besar. Meskipun premi asuransi jiwa unit link cukup besar, namun bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing.

Nah, untuk mencari asuransi jiwa terbaik di Indonesia, beberapa jenis asuransi jiwa tersebut perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Baru nantinya bisa menjadi pertimbangan mana yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.
Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia: Berikut Jenis-jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...