Ikuti Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi dengan Cara Ini!


Beberapa bulan terakhir, dunia tengah dihebohkan dengan menjangkitnya wabah Corona. Bahkan sampai saat ini, belum bisa dipastikan secara tepat bagaimana mekanisme penyebaran dan cara mengatasinya. Sehingga jalan utama untuk menghindarinya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Karena pada dasarnya, tubuh manusia mempunyai sistem imun yang mampu melawan virus jika sedang dalam kondisi fit.  Namun terkadang ada beberapa hal yang bisa membuat daya tahan tubuh semakin menurun. Sehingga tidak ada salahnya Anda menerapkan beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi agar tetap sehat.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Berikut ini ada beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi supaya tidak gampang sakit dan terpapar virus.

1. Olahraga secara Rutin

Aktifitas olahraga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan mengurangi resiko terjangkit virus. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah frekuensi olahraga yang harus dilakukan secara rutin setiap hari. Lantaran efek dari olahraga tidak bisa didapatkan hanya dengan sesekali latihan. Oleh karena itu, sempatkanlah olahraga dengan serius setiap hari minimal 30 menit.

2. Kelola Stres dengan Baik

Stres yang terus-terusan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa mengganggu daya tahan tubuh dalam melawan infeksi. Upayakan untuk selalu mengelola stres dengan baik, demi menekan produksi hormon kortisol yang berlebih. Untuk mengelola stres, Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti melakukan hobi, menonton acara komedi, dan sebagainya. Anda pun juga dapat menenangkan pikiran dengan cara liburan, berkumpul bersama tan atau keluarga, atau meditasi dan latihan pernafasan.

3. Konsumsi Bahan Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi, berarti mencukupi kebutuhan nutrisi yang juga kaya akan antioksidan. Makanan tersebut seperti sayur dan buah-buahan yang mampu meminimalisir radikal bebas, sehingga mampu meningkatkan sistem imun. Anda dapat mengonsumsi beragam jenis makanan, namun batasilah hanya untuk makanan yang sehat. Contoh makanan sehat adalah seperti daging tanpa lemak, jenis kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur.

4. Istirahat yang Cukup

Ketahuilah bahwa kurang tidur dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan, lantaran menurunnya sistem imun. Sehingga kondisi ini mengakibatkan beragam penyakit lebih mudah menyerang dan menjangkit tubuh. Waktu tidur orang dewasa, normalnya  adalah sekitar 7 hingga 8 jam setiap hari. Sementara waktu tidur anak-anak, kurang lebih membutuhkan tidur hingga 10 jam atau lebih sesuai usia dan kondisinya.

5. Konsumsi Suplemen Penunjang Imunitas

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, untuk mencegah infeksi virus Corona juga dibutuhkan suplemen tambahan. Fungsi dari suplemen ini adalah mencukupi kebutuhan nutrisi, sehingga mampu memperkuat daya tahan tubuh. Beberapa suplemen mengandung tinggi vitamin dan mineral yang bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan. Suplemen tersebut mengandung banyak bahan nutrisi seperti berikut :

  • Vitamin C (sodium ascorbate)
  • Vitamin B3 (nicotinamide)
  • Vitamin B5 (dexpanthenol)
  • Vitamin B6 (pyridoxine HCL)
  • Vitamin E (alpha tocopheryl)
  • Zinc picolinate
  • Sodium selenite


Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, tubuh akan lebih optimal dalam melawan infeksi bakteri maupun virus. Beberapa senyawa juga efektif dalam memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Menerapkan tips meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi juga harus dibarengi dengan menjaga kebersihan diri. Apabila Anda mulai merasakan gejala penyakit akibat daya tahan tubuh menurun, sebaiknya segeralah tanya pada dokter. Anda bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di layanan Halodoc.

Halodoc juga menyediakan pilihan rumah sakit terbaik untuk layanan kesehatan Anda, seperti halnya RS Premier Bintaro. Berbagai layanan mulai dari konsultasi hingga pembelian obat, bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan Halodoc. Terlebih di masa pandemi ini, Anda bisa mendapatkan informasi Rapid test ataupun Swab melalui Halodoc secara online.
Ikuti Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi dengan Cara Ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...