Inilah 3 Manfaat Now Vitamin D Bagi Tubuh



Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, now vitamin D3 juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan asupan vitamin ini bisa mengurangi risiko san melindungi tubuh dari penyakit terutama infeksi saluran pernapasan.

Vitamin D dikenal menjadi salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Umumnya, vitamin D3 terbentuk secara alami bila kulit terkena sinar matahari langsung.

3 Manfaat Now Vitamin D3

Manfaat now vitamin D3 dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting. Asupan dadi vitamin D3 untuk makanan atau suplemen baik dikonsumsi oleh orang yang tidak mendapatkan asupan vitamin D, baik dari sinar matahari maupun makanan.

Contohnya saja, penderita lupus, orang yang banyak menghabiskan waktu dalam ruangan, bisa menghambat penyerapan vitamin D dari makanan sehingga kekurangan vitamin D. Vitamin D3 ini bisa digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan terhadap beberapa penyakit, yaitu

1. Mengobati Rakitis dan Osteomalasia

Mengonsumsi suplemen vitamin D3 dapat mengobati dan mencegah penyakit rakitis dan osteomalasia. Kedua keadaan ini diakibatkan oleh kekurangan vitamin D, kalsium, serta fosfor.

Rakitis merupakan salah satu dari kelainan pertumbuhan tulang pada anak-anak. Sementara itu, osteomalasia merupakan kelainan tulang yang mengakibatkan tulang menjadi lunak dan mudah patah.

2. Mencegah Perburukan Gangguan Ginjal

Penyakit ginjal, seperti gagal ginjal kronis, dapat membuat fungsi ginjal meningkatkan peran vitamin D terganggu. Hal ini berakibat, banyak penderita penyakit ginjal yang kekurangan vitamin D. Oleh sebab itu, penderita gangguan ginjal disarankan untuk bisa mencukupi vitamin D3 dari makanan.

Sebagian besar studi menunjukkan bahwa pemakaian suplemen vitamin D3 bisa memberikan manfaat seperti: 

  1. Mencegah perburukan keadaan gagal ginjal.
  2. Memperbaiki kondisi penderita gagal ginjal. 
  3. Lebih efektif untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi pada penyakit nefropati diabetik.

3. Mencegah Penyakit Infeksi Pernapasan

Now Vitamin D3 diketahui berguna melindungi dan mencegah tubuh dari penyakit infeksi pernapasan, misalnya flu, pneumonia, dan tuberkulosis. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 juga bisa mengurangi peradangan yang muncul karena paparan virus Corona.

Hal ini dikarenakan seseorang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terkena COVID-19 dan mengalami infeksi saluran pernapasan parah. Meskipun begitu, belum ada ketetapan mengenai dosis vitamin D3 untuk mencegah dan mengobati COVID-19.

Apabila ingin rutin mengkonsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin D3, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya sembarangan. Umumnya, kebutuhan harian vitamin D untuk wanita maupun pria dewasa sekitar 15 mikrogram atau setara 600 IU. Sementara itu, lansia hanya 20 mikrogram atau setara dengan 800 IU.

Sebetulnya, jumlah imi bisa dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan sumber vitamin D. Namun, nila ingin mengkonsumsi suplemen vitamin D3 1000,  dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu atau download aplikasi Sesa.id.

Inilah 3 Manfaat Now Vitamin D Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...