4 Bahaya Makan Buah Nangka Bagi Ibu Hamil

Menurut Babyologist, kandungan magnesium dan kalsium yang terdapat di dalam buah nangka memiliki peran menjaga kesehatan tulang ibu hamil muda. Selain itu, zat besi pada buah nangka tua dipercaya dapat mencegah ibu hamil mengalami masalah anemia.

Namun dibalik manfaat tersebut, ternyata nangka dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan bumil maupun janin jika dikonsumsi secara berlebihan.

Penasaran, apa saja efek samping yang bisa muncul akibat kebanyakan makan nangka? Berikut ulasannya:

1. Menyebabkan alergi

Menurut informasi dari Mom Junction, konumsi buah nangka secara masif bisa membuat ibu hamil mengalami alergi. Jika bunda memiliki riwayat alergi, sebaiknya bunda hindari makan buah ini.

Baca juga: artikel terkait nangka untuk ibu hamil

2. Menimbulkan masalah pencernaan

Loading...

Konsumsi nangka terlalu banyak dapat membuat bunda mengalami gangguan pencernaan. Hal ini terjadi lantaran di dalam buah nangka terdapat kandung serat yang cukup tinggi sehingga menyebabkan fungsi pencernaan menjadi tidak normal.

3. Koagulasi darah

Koagulasi adalah suatu proses terjadinya pengumpulan pada darah, kondisi seperti ini harus dihindari oleh setiap ibu hamil karenan dapat membahayakan kesehatan ibu ataupun janin. Menurut pakar kesehatan di Foods for Better Health, makan buah nangka dapat meningkatkan koagulasi darah dalam tubuh.

Jadi sangat dianjurkan tiap-tiap ibu hamil untuk menghindari konsumsi buah nangka, jika nyidam jangan sampai berlebihan.

4. Diabetes melitus

Buah nangka salah satu sumber gula alami yang dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil.

Oleh sebab itu bumil sebaiknya hindari konsumsi nangka, apalagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat mendrmend diabetes gestasional.


Tinggalkan komentar