11 Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil

Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan pada masa kehamilan memang tidaklah mudah. Namun setiap wanita hamil diharuskan untuk menjaga kesehatan dengan baik, hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko terjadinya masalah pada pertumbuhan janin dan kelahiran prematur.

Gangguan kehamilan yang muncul pada trimester awal seperti pusing, lemas, mual, muntah, seringkali membuat ibu hamil merasa berat untuk menjalaninya.

Untuk meringankan gejala tersebut, mengkonsumsi rambutan mampu menjadi solusi terbaik. Selain itu, rambutan (Ace)masih menyimpan beragam manfaat l bagi ibu hamil, penasaran? Berikut ulasannya:

1. Asupan zat besi tinggi

Zat besi merupakan salah satu jenis nutrisi perkembangan janin dalam kandungan. Zat besi dapat membantu mengurangi kelelahan pada ibu hamil dengan menjaga keseimbangan kadar hemoglobin dalam darah. Menurut hasil penelitian, buah rambutan memiliki kandungan zat besi yang berlimpah.

Baca juga

2. Sumber vitamin E

Dalam penelitian yang sama menyebutkan bahwa rambutan sebagai sumber vitamin E yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit selama masa kehamilan berlangsung. Makan rambutan yang cukup dalam fase kehamilan dapat membantu mencegah jerawat, kulit gatal, kulit kusam, bahkan rambutan dipercaya beberapa ahli kecantikan mampu mengurangi kemunculan stretch mark.

3. Membantu pencernaan ibu hamil dan melawan penyakit lainnya

Masih pada penelitian yang sama, kandungan fosfor didalam buah rambutan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, terutama membantu menurunkan risiko diare, sembelit, dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Seperti yang kita tahu, pada masa kehamilan bunda seringkali mengalami masalah pencernaan.

4. Mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah

Konsumsi rambutan secara teratur dalam jumlah yang tepat dapat melancarkan sirkulasi udarah dalam darah, sehingga bumil akan terhindar dari masalah tekanan darah tinggi. Hal ini juga akan berdampak pada menurunnya kadar kolesterol serta membantu mengurangi pembengkakan di kaki selama kehamilan.

5. Detoksifikasi tubuh

Rambutan dipercaya sebagian ahli dapat membantu megelmengelu racun didalam tubuh ibu hamil. Sehingga akan berdampak pada meningkatnya kualitas kesehatan ibu dan janin.

6. Meningkatkan sistem imun

Fase kehamilan, seringkali membuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil jadi menurun. Dengan makan rambutan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga akan berdampak pada pertumbuhan janin yang dikandung.

7. Membantu mencegah kanker

Siapa sangka, berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi, mengkonsumsi buah rambutan dapat membantu menurunkan risiko terserang kanker.

Selain itu, Antioksidan juga memiliki fungsi utama melawan peradangan (radikal bebas) dan melindungi sel-sel dalam tubuh agar tidak terpengaruh.

Tips memilih buah rambutan yang tepat

Ada beberapa hal yang perlu bunda perhatikan ketika ingin makan buah rambutan presentase terhindar dari efek samping lebih tinggi:
  1. Pastikan kulit buah rambutan berwarna merah cerah (bukan merah tua).
  2. Pilih rambutan dengan tingkat kematangannya, tidak terlalu matang.
  3. Pilihlah buah yang rambut-rambutnya dari buah rambutan terlihat tegas, segar, tidak melingkar.
  4. Perhatikan daging buah rambutan, pilihlah yang tidak layu atau lembek.
Sekian, semoga informasi tentang manfaat buah rambutan untuk ibu hamil dapat bermanfaat serta menambah wawasan bunda.

Baca juga artikel terkait:
11 Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...