Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil percaya khasiat minum air kelapa bisa membuat kulit bayi menjadi lebih putih, namun hal itu hanyalah sebuah mitos belaka. Menurut penelitian, air kelapa mengandung kadar elektrolit yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya kekurangan cairan dalam tubuh yang bisa menyebabkan dehidrasi bagi ibu hamil.

Bagi sebagian orang mengira air kelapa muda itu sangat baik bagi kesehatan, namun ternyata juga bisa menyebabkan bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Berikut adalah beberapa bahaya air kelapa untuk ibu hamil muda yang harus bunda ketahui:

1. Terlalu tinggi kadar kalium

Kalium memang salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Sebab, kandungan kalium dapat membuat aliran darah menjadi lebih sehat sehingga akan mendukung proses pembentukan jaringan jantung pada janin. 

Namun, jika ibu hamil terlalu sering minum air kelapa, otomatis kadar kalium didalam tubuh akan meningkat. Hal ini justru bisa membuat detak jantung dan aliran oksigen ibu hamil tidak teratur sehingga akan berdampak pada tumbuh kembang janin didalam kandungan.

2. Meningkatkan jumlah kalori

Ketika ibu hamil mengkonsumsi air kelapa berlebihan, otomatis tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang berlebihan juga. Jika tubuh kelebihan kalori akibat konsumsi air kelapa, hal ini bisa memicu obesitas.

3. Meningkatkan reaksi alergi

Minum air kelapa muda juga berisiko meningkatkan reaksi alergi pada ibu hamil. Bentuk reaksi pertama terjadinya alergi yaitu gatal-gatal, sesak nafas, tenggorokan sakit, wajah merah dan akhirnya bisa kehilangan kesadaran. Oleh Karena itu, jika bunda memiliki riwayat alergi tertentu sebaiknya hindari konsumsi air kelapa.

4. Memiliki sifat diuretik

Minum air kelapa muda dalam jumlah banyak bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki sifat diuterik (suatu kondisi dimana kita akan lebih sering buang air kecil).

5. Memicu diare

Bahaya minum air kelapa terlalu banyak lainnya yaitu bisa menyebabkan ibu hamil mengalami diare karena air kelapa bersifat laksatif.

Jika mengalami diare terus menerus akan membuat bunda kehilangan banyak cairan, bahkan hal ini juga bisa memicu terjadinya keguguran akibat kontraksi saat diare.

Jadi lebih baik hindari air kelapa muda yang berlebihan.

6. Meningkatkan kadar gula darah

Minum air kelapa muda memang memberikan rasa yang sangat menyegarkan. Namun dibalik kesegaran tersebut, ternyata menyimpan bahaya meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

Ditambah adanya kandungan kalori yang cukup tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Padahal salah satu penyebab utama seseorang menderita penyakit diabetes adalah obesitas.

7. Merusak kualitas air ketuban

Kepercayaan masyarakat Indonesia, minum air kelapa bisa membuat bayi lebih bersih dan putih ternyata tidak benar.

Menurut pandangan medis, konsumsi air kelapa yang berlebihan bisa menurunkan kualitas air ketuban dan keruh. Hal ini terjadi karena keseimbangan cairan elektrolit bermasalah sehingga air ketuban tidak sehat.

Kondisi seperti ini dapat membahayakan kesehatan janin sehingga risiko ibu melahirkan secara caesar lebih tinggi.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan bunda akan manfaat air kelapa muda.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar