6 Manfaat Air Mawar Untuk Jerawat

Manfaat Air Mawar Untuk Jerawat

Air mawar atau rose water merupakan produk kecantikan yang mulai populer saat ini. Bahkan, air mawar ini sudah digunakan selama ribuan tahun yang lalu sebagai ramuan tradisional untuk kecantikan.

Air mawar dibuat dengan cara penyulingan kelopak bunga mawar. Hasil dari penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.

Menurut dermatologi asal Amerika, mengatakan bahwa air mawar mengandung anti inflamasi, antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat dalam merelaksasi kulit dan meredakan peradangan pada kulit Anda. 

Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini sangat baik untuk kulit wajah, terutama vitamin c atau antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan (aging).

Manfaat air mawar untuk kulit

Berikut kumpulan manfaat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui:

1. Toner wajah alami
Air mawar paling sering digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang mampu memberikan efek menyegarkan pada kulit wajah.

2. Mencegah jerawat
Anti inflamasi, antiseptik dan anti bakteri yang terkandung dalam air mawar mampu membasmi bakteri penyebab jerawat dan menangani masalah kulit yang sudah berjerawat dengan cepat.

3. Mencerahkan kulit wajah
Air mawar dipercaya mampu mencerahkan kulit. Sebab, hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik dalam membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dalam rose water mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit lebih cepat.

4. Mencegah penuaan dini
Vitamin C atau biasa disebut sebagai antioksidan merupakan salah satu jenis nutrisi yang dapat meresap ke dalam kulit, sehingga mampu meminimalisir munculnya garis halus atau kerutan di wajah dan mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Meredakan peradangan pada kulit
Air mawar memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya. Selain itu, rose water juga bisa mengontrol minyak (sebum) berlebih pada kulit wajah dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang menyebabkan munculnya komedo.

6. Memberikan efek relaksasi
Selain dapat menyegarkan kulit, air mawar ternyata memiliki efek rileksasi atau menangkan. Anda bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar kedalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi guna merelaksasi tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian.

Cara penggunaan

Kamu bisa langsung menuangkan air mawar viva pada tisu kering, lalu aplikasikan atau usapkan pada seluruh wajah tanpa perlu dibilas lagi.

Jika kamu ingin lebih praktis, kamu bisa mencampurkan 5 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan toner jeruk nipis, lalu memasukkannya ke dalam botol spray lalu tambahkan air bersih antara 10ml.

Untuk menggunakamnya kamu cukup semprotkan pada wajah sehabis mandi atau sebelum dan sesudah menggunakan make up. Bahkan cocok dipakai saat anda pergi traveling.
6 Manfaat Air Mawar Untuk Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...