3 Pilar Pengauditan Energi dan Sistem Managemennya


Apa pentingnya perusahaan audit Energi? Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cukup pesat menimbulkan penggunaan energi yang semakin tinggi. Hal ini menjadi permasalahan utama dalam suatu negara. Sumber energi telah menipis, sedangkan penggunaan energi semakin meningkat. Di sinilah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang audit energi memiliki peranan penting. Lalu apa itu perusahaan yang bergerak di bidang audit energi? Berikut akan dijelaskan detailnya.

Definisi Perusahaan Audit Energi

Dari penjelasan diatas, sudah sedikit disinggung mengenai Perusahaan Audit Energi. Sebelum itu, sebenarnya apa pengertian dari perusahaan itu? Perusahaan sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah organisasi yang didirikan oleh satu atau sekelompok orang yang memiliki kegiatan berupa produksi atau distribusi barang, jasa, dll untuk memenuhi kebutuhan perekonomian tiap masyarakat.

Dalam proses kegiatannya, perusahaan menggabungkan tiga faktor produksi yaitu manusia, alam, dan modal. Ada 2 macam tipe perusahaan yaitu perusahaan yang dalam proses produksinya mengutamakan laba atau keuntungan, dan perusahaan yang dalam proses produksinya tidak mengutamakan laba seperti yayasan.

Pengertian audit energi sendiri yaitu proses identifikasi dan evaluasi dalam upaya penghematan energi pada suatu sektor ekonomi tanpa mengurangi tingkat produktivitas kerja. Jadi dapat disimpulkan bahwa perusahaan audit energi yaitu sebuah organisasi jasa yang melayani kebutuhan identifikasi dan evaluasi penghematan energi pada setiap sektor ekonomi di suatu negara.

Pilar Sistem Manajemen Energi

Dalam membangun sistem manajemen energi yang baik, perusahaan memiliki 3 pilar yang sangat penting. Pilar tersebut antara lain :
  • Data Driven Energy Efficiency, identifikasi data penggunaan energi yang paling besar.
  • Energy Efficiency Plan, Penyusunan rencana penghematan energi
  • Strategic Energy Management, Penerapan model efisiensi energi dengan basis ISO 50001

Perusahaan audit energi memiliki peran yang sangat penting dalam sektor ekonomi. Karena itu, untuk memilih perusahaan yang profesional dan berkualitas tinggi tidaklah mudah. Kini Sewatama hadir untuk menumpas segala keraguan Anda. Dengan sistem yang terintegrasi akan memberikan hasil yang maksimal untuk segala kebutuhan pembangkit kelistrikan Anda. Tunggu apa lagi? Untuk informasi lebih jelasnya segera kunjungi website Sewatama di https://sewatama.com/id/
3 Pilar Pengauditan Energi dan Sistem Managemennya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...