Ragam Acara Yang Cocok Menggunakan Nasi Tumpeng


Nasi tumpeng merupakan makanan khas Indonesia yang tergolong jenis kategori menu utama. Dalam sajian yang besar, nasi tumpeng berisi nasi kuning ang dibentuk seperti kerucut dengan pendamping beberapa sajian lainya seperti ayam goring, telur, telur dadar yang diiris, perkedel, kering tempe, dan mie yang ditata mengelilingi nasi.

Nasi tumpeng sudah menjadi masakan nusantara karena hampir di setiap daerah bisa membuat dan menyajikannya. Terlebih nasi tumpeng jakarta seringkali dipakai di acara sukuran atau ceremonial lainnya, karena nasi tumpeng dianggap sebagai simbolisasi akan rasa syukur atas suatu hal. Beberapa acara yang sering menggunakan nasi tumpeng jakarta timur diantaranya:

1. Untuk rasa syukur atau kebahagiaan

Tumpeng banyak sekali digunakan sebagai rasa syukur atas kebahagiaan yang didapatkan, seperti rasa syukur atas kebahagiaan dapat membangun sebuah bangunan atau gedung tertentu, atau bisa juga saat pembukaan usaha baru, dll. Nasi tumpeng yang sering disajikan dalam acara ini adalah nasi tumpeng punar, dengan sajian nasi yang berwarna kuning, ditemani dengan kedelai goreng, abon, kering tempe, dan lain sebagainnya.

2. Acara kelahiran

Pada acara kelahiran, jenis tumpeng yang bias digunakan adalah nasi tumpeng megana. Nasi tumpeng megana disajikan dengan nasi yang dibentuk kerucut namun masih dengan warna putih yang melambangkan kesucian, dan berbagai macam jenis sayur-sayuran yang memiliki makna harapan dan doa bagi bayi yang baru lahir

3. Acara panen

Dalam menyambut panen atau mengungkapkan rasa sukur terhadap hasil panen, sebagian besar masyarakat petani menyajikan sajian nasi tumpeng. Nasi tumpeng yang digunakan adalah nasi tumpeng robong, tumpeng ini disajikan dengan unik yaitu dengan memberikan lidi dibeberapa sisi tumpeng, di puncak tumpeng ditusukkan telur ayam, teraso, cabai, hingga bawang merah.

4. Acara ulang tahun

Selain kue ulang tahun, beberapa masyarakat Indosenia juga sering menghadirkan tumpeng dalam acara ulang tahun. Tumpeng jenis ini disebut dengan nasi tumpeng tumbuk, nasi tumpeng tumbuk biasanya disajikan untuk pertambahan usia saat usia mencapai 64 tahun. Tumpeng ini disajikan dengan kepangan kacang panjang dari puncak hingga dasar bentuk nasi, sebagai simbol dari umur panjang.

5. Acara kematian 

Dalam beberapa adat nasi tumpeng juga disajikan sebagai rasa duka terhadap kematian seseorang, tumpeng yang biasa digunakan adalah tumpeng pungkur. Tumpeng pungkur disajikan dengan bentuk nasi putih yang dibelah dua secara vertical dan dipasang terbalik.
Ragam Acara Yang Cocok Menggunakan Nasi Tumpeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...