Tanya Dokter Online 24 Jam: Tips Mengatasi Kecanduan Merokok Pada Pria


Sudah bukan rahasia lagi jika kebiasaan merokok memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Bahkan disebutkan bahwa kebiasaan hidup tidak sehat yang satu ini juga bisa menyebabkan kematian bagi para pecandunya. Berbagai resiko kesehatan yang bisa dialami oleh mereka yang sering merokok, antara lain kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker leher rahim, dan masih banyak lagi. Karena berbagai resiko kesehatan yang bisa mengancam itulah kenapa perlu sekali memperhatikan kesehatan dengan berhenti merokok sesegera mungkin. Hal ini mungkin akan terbilang sulit jika sudah dalam tahap kecanduan. Sehingga konsultasi atau tanya dokter, baik secara offline atau tanya dokter online 24 jam bisa menjadi langkah awal untuk melakukan perubahan.

Bertanya pada ahlinya, dalam hal ini dokter tentunya akan lebih bisa membuahkan hasil. Karena dari banyak kasus, tak sedikit pecandu rokok yang belum berhasil menghentikan kebiasaan hidup tidak sehatnya ini. Nah, bagi Anda yang mungkin juga sedang mengalami permasalahan yang sama, selain berkonsultasi dengan dokter, berikut ini juga ada beberapa tips jitu untuk membantu menghilangkan kebiasaan merokok, yaitu:

1. Mencari tahu alasan ingin berhenti merokok.

Berhenti merokok merupakan salah satu keputusan tepat yang harus diambil bagi Anda yang kecanduan merokok. Selain tidak bagus untuk kesehatan, merokok juga merupakan suatu pemborosan yang tidak berarti pada uang Anda. Untuk mulai berhenti merokok, langkah pertama adalah mencari tahu terlebih dahulu alasan kenapa ingin berhenti merokok. Sehingga dengan mengetahui alasannya ini, Anda bisa lebih termotivasi untuk benar-benar berhenti merokok. Misalnya alasan berhenti merokok karena sayang pada diri sendiri atau karena sayang keluarga dengan melindungi mereka dari perokok pasif.

2. Hindari bepergian ke tempat yang dingin.

Hal ini merupakan cara umum untuk berhenti merokok. Karena saat berada di daerah yang dingin, keinginan untuk merokok bisa muncul karena dinilai kegiatan ini bisa membantu menghangatkan badan. Maka dari itu, sebaiknya bagi Anda yang berniat untuk berhenti merokok, sebaiknya hindari bepergian ke tempat yang dingin.

3. Hindari bepergian sendiri.

Ketika bepergian sendirian, keinginan untuk merokok pastinya akan timbul karena tidak ada orang yang akan menghentikan. Namun berbeda jika pergi bersama dengan teman atau keluarga, pastinya akan ada orang yang mengingatkan untuk tidak merokok. Terlebih jika mereka juga turut mengetahui agenda Anda untuk berhenti merokok.

4. Mencoba melakukan terapi penggantian nikotin.

Bagi mereka yang tergolong perokok aktif, biasanya akan mengalami rasa gelisah, depresi, hingga frustasi karena berhenti merokok. Hal ini karena efek dari penarikan nikotin secara tiba-tiba. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan terapi perawatan nikotin melalui permen nikotin, tablet hisap, tambalan, dll yang mana bisa membantu mengurangi kecanduan akan nikotin pada rokok.

5. Mengelola stress dengan baik.

Merokok tak jarang menjadi pelampiasan ketika seseorang sedang mengalami stress. Karena dinilai kegiatan ini mampu memberikan rasa rileks. Maka dari itu, agar bisa berhenti merokok, sebaiknya kelola stress dengan baik. Anda bisa mencoba beberapa metode untuk mengatasi stress, seperti yoga, mendengarkan musik, berolahraga, pijat, dll.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang mengalami kecanduan merokok dan ingin berhenti. Dalam menjalankan berbagai tips tersebut, imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga, mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, dll. Jika mengalami berbagai kendala, sebaiknya konsultasikan pada dokter yang sudah terpercaya, seperti melalui aplikasi tanya dokter online 24 jam di aplikasi Halodoc.
Tanya Dokter Online 24 Jam: Tips Mengatasi Kecanduan Merokok Pada Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...