8 Obat Diare Yang Aman dan Terbuat Dari Bahan Alami

Obat diare yang aman dan terbuat dari bahan herbal akan sangat membantu kamu apabila terserang diare setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis obat diare dan teknik pengolahannya.

Minyak Habbatussauda



Minyak Habbbatussauda mengandung senyawa polifenol, alkaloid, dan beragam senyawa lain yang bisa digunakan untuk mengatasi diare. Dengan konsumsi teratur minyak Habbatussauda sebagai obat, Kamu bisa meningkatkan kekebalan sistem pencernaan terhadap infeksi bakteri. Agar dapat mengkonsumsinya, gunakan satu wadah yogurt ukuran 150-200ml, campur yogurt plain dengan satu sendok teh minyak Habbatussauda dan aduk rata. Konsumsi setiap pagi dan sore sampai gejala diare hilang. Eh udah tau manfaat buah huni belum nih?

Sup wortel



Untuk anak-anak dan remaja, sup wortel mengandung betakaroten dan mineral yang dipercaya mengandung efek antidyspeptic untuk membantu mengganti nutrisi selama diare dan mengurangi iritasi pada saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi sup wortel, perlahan-lahan gejala diare akan hilang. Cara pembuatan sup wortel ini cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 500gr wortel yang dikupas dan dipotong-potong tipis. Masak wortel dalam 300ml air dan tambahkan garam secukupnya serta bawang putih yang sudah dihaluskan. Tunggu hingga matang dan sup wortel siap dikonsumsi sebelum makan.

Yogurt



Yogurt mengandung probiotik yang membantu mengatasi infeksi bakteri pada saluran maupun organ pencernaan. Pada saat mengalami gejala diare, kamu bisa mencoba meredakannya dengan konsumsi yogurt ukuran 2 kotak kecil sebelum makan. Agar hasilnya lebih optimal, kamu bisa memadukan plain yogurt dengan buah atau sayur rebus yang mengandung serat tinggi.

Pisang



Ketika mengalami gejala perut mulas atau tinja yang encer, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi pisang yang bermanfaat memadatkan kembali feces yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Dengan konsumsi pisang, Kamu mendukung diri dengan penambahan senyawa pektin, elektrolit, vitamin, dan serat. Pada prakteknya, Kamu cukup mengkonsumsi 2-3 buah pisang saat merasakan gejala diare dan mencoba menenangkan diri Kamu agar gejala yang dirasakan tidak mengganggu aktivitas.

Jamblang



Tanaman jamblang atau duwet juga bisa digunakan untuk pengobatan diare. Metode yang digunakan untuk pengolahan yaitu mengambil kulit batang berukuran satu jari dan merebusnya dalam 2 gelas air mendidih. Ramuan ini dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan hingga gejala diare yang dirasakan hilang. Rebusan tanaman Jamblang sendiri memiliki rasa pahit, oleh karena itu saat Kamu merebus kulit batang, tambahkan 1-2 sendok teh madu yang juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Jambu biji



Saat kamu merasakan beragam gejala diare, cobalah konsumsi rebusan daun jambu biji secara teratur hingga gejala diare hilang. Daun jambu biji mengandung senyawa antiinflamasi dan mineral yang berfungsi memadatkan kembali feces yang encer. Kamu bisa membersihkan terlebih dahulu 9 lembar daun jambu biji muda yang kemudian ditambah 1 siung kunyit, 4 biji kedawung sangrai, dan 4 gr rasuk angin. Masukkan semua bahan kedalam 110ml air dan dibuat sebagai infused water dengan didiamkan 24 jam.

Kunyit



Senyawa kurkumin, betakaroten, dan antioksidan dalam kunyit selain bermanfaat menyembuhkan beragam penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes juga berfungsi sebagai pereda gejala diare. Kamu bisa mencampurkan kunyit yang sudah ditumbuk dengan daun jambu biji dalam bentuk rebusan atau langsung mengkonsumsi air sari kunyit yang dicampur dengan minyak Habbatussauda.

Kayu manis



Obat diare yang aman lainnya adalah kayu manis. Kamu bisa memanfaatkan kayu manis dengan menyeduh serbuknya dalam 150ml air hangat dan diminum sebelum makan. Mau tau mau manfaat lainnya dari buah serta informasi ibu dan anak? Yuk cek langsung penampilankita.com

Nah obat diatas semoga dapat menyembuhkan diare kamu ya!
8 Obat Diare Yang Aman dan Terbuat Dari Bahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...