Penggunaan Software Akuntansi untuk Menghitung Cash Flow

Cash flow terletak di jantung bisnis kecil, digambarkan sebagai alasan paling umum kegagalan bisnis pada masa- masa awal. Bagaimana cara sebuah bisnis kecil lebih memberi perhatian pada debit dan kredit hariannya? Bagaimana cara sebuah bisnis berhenti menghabiskan biaya yang lebih besar dari pemasukannya dan memastikan selalu ada cukup dana di bank? Jawabannya ada pada perkiraan arus kas atau cash flow forecasting.

Cash flow forecasting


Terkadang mencari software akuntansi yang tepat untuk memudahkan pekerjaan sebuah bisnis kecil dan membantu meningkatkan penghasilan yang positif bisa sangat mengesankan. Salah satu kriteria untuk memilih software akuntansi yang baik adalah terdapat salah satu fitur untuk memperkirakan atau cash flow forecasting.

Software akuntansi yang baik harus memiliki kemampuan yang akurat, mencatat seluruh aliran dana dalam bisnis dari penjualan atau pelayanan. Membandingkan aliran dana dengan aliran keluar atau flows out melalui pengeluaran berkala, seperti pengeluaran bulanan. Cash flow forecasting membantu anda untuk merencanakan kebutuhan dana bisnis anda di masa depan. Ini adalah perkiraan dari dana apa yang masuk ke rekening bank, dana bisnis apa yang keluar dari rekening bank. Hasil dari forecasting cash flow adalah nilai saldo bank pada setiap akhir periode.

Pertimbangan lain dalam memilih software akuntansi adalah kemampuan untuk menghitung penggabungan perkiraan dana dari berbagai departemen. Waktu sering kali menjadi sangat penting bagi pemilik bisnis kecil, sehingga software akuntansi yang mudah digunakan, fleksibel, dan cepat memproses berbagai cash flow forecasting adalah faktor utama pemilihannya.

Analisis cash flow


Software akuntansi membantu pemilik bisnis kecil menganalisa lebih baik dan mengidentifikasi permasalahan keuntungan dari laporan perhitungan cash flow anda. Laporan data menunjukkan aliran dana bisnis anda, sumber dana yang datang dan aliran dana pengeluaran. Ini menggambarkan sumber utama informasi yang digunakan dalam menganalisa untuk menentukan nilai dari bisnis anda.

Software akuntansi yang baik harus terdiri dari berbagai fitur yang dapat digunakan untuk mengukur dan standarisasi pengeluaran dana secara berkala. Lebih baik lagi jika bisa mengidentifikasi parameter - parameter lain yang perlu ditingkatkan dan dikontrol.

Software akuntansi yang efektif untuk melakukan analisis cash flow adalah yang memiliki fitur utama, yaitu membentuk dasar bisnis, operasional inti, serta investasi dan pembiayaan. Dengan memilih software akuntansi seperti tersebut dapat memberikin hasil analisis cash flow yang lebih baik dan meningkatkakn status kesehatan bisnis anda.

Hal lain yang dipertimbangkan adalah faktor posisi inventaris atau persediaan serta hutang piutang untuk memprediksi cash flow yang akurat. Pilihlah software akuntansi yang melakukan analisis cash flow dengan tepat. Software akuntansi yang cepat dan efisien menjadikan pembiayaan efektif untuk meningkatkan cash flow pada bisnis kecil anda.

Meningkatkan cash flow


Mendapatkan analilsis cash flow yang bagus dari software akuntansi yang tepat, memungkinkan pemilik bisnis kecil untuk menilai apakah dana dalam bisnis itu sehat. Software akuntansi harus memiliki fungsi yang memungkinkan pemilik bisnis memantau banyak faktor dan parameter yang mempengaruhi pendapatan bisnis.

Contohnya, dapat memantau kelebihan produk pada inventaris atau memastikan faktur dikirim ke pelanggan dan dibayar tepat waktu.

Aspek lain yang dipertimbangkan adalah catatan pembayaran pelanggan dan identifikasi potensi kegagalan. Aspek - aspek ini mungkin terlihat sepele, tetapi jika diabaikan dapat memiliki dampak besar terhadap pendapatan bisnis. Pemilik bisnis kecil memerlukan software akuntansi yang dapat memberikan informasi penting yang diperlukan untuk perencanaan bisnis.
Penggunaan Software Akuntansi untuk Menghitung Cash Flow Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...