9 Manfaat Buncis Untuk Bayi 6 Bulan

Manfaat Buncis Untuk Bayi 6 Bulan

Buncis adalah salah satu jenis sayuran sumber vitamin dan mineral. Konsumsi buncis sesuai takaran yang tepat akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi akan lebih maksimal.

Buncis sangat baik diberikan pada anak yang usianya sudah menginjak antara 6,7,8,9 hingga 1 tahun. Hal ini dikarenakan buncis merupakan:

1. Sumber serat
Menurut hasil penelitian menyebutkan bahwa, buncis mengandung karbohidrat dan serat mangan yang tinggi. Serat pada buncis dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan anak jadi lebih lancar dan terhindar dari masalah perencaan salah satunya yaitu sembelit.

2. Mengandung protein tinggi
Menurut penelitian, hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung protein cukup tinggi, salah satunya buncis. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam tumbuh kembang bayi, khususnya pada jaringan otot di seluruh tubuhnya.

3. Memiliki kandungan folat
Asam Folat merupakan salah satu jenis nutrisi dalam golongan Vitamin B, yang berperan membentuk sel darah merah. Jika tubuh mendapatkan asupan folat tercukupi dengan baik, maka secara otomatis tubuh akan lebih bugar, hal itu disebabkan darah merah yang bertugas membawa sari makanan bisa berjalan lebih lancar.

4. Vitamin A dan C
Vitamin A yang terkandung pada buncis dapat membantu menyehatkan mata anak, sehingga penglihatan akan lebih baik. Sementara vitamin C berperan sangat baik dalam meningkatkan daya tahan agar anak tidak mudah terkena flu, batuk, infeksi beberapa penyakit lainnya.

5. Sumber mineral
Tanpa adanya mineral, maka karbohidrat, protein, vitamin dan jenis nutrisi lainnya nyaris tanpa guna lagi.

Sebab, mineral sangat diperlukan untuk menjalankan proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh balita.

6. Lebih sedikit kalori
Konsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan akan menimbulkan risiko kesehatan, seperti obesitas, meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, dan kanker.

Katika konsumsi buncis anda tak perlu khawatir akan bahaya tersebut.

Selain itu, buncis juga mengandung jumlah natrium, lemak jenuh dan kolesterol yang rendah jadi aman dikonsumsi dalam jangka waktu relatif panjang.

7. Mencegah infeksi
Sejumlah nutrisi seperti vitamin C, Niacin dan Tiamin yang terkandung dalam kacang hijau merupakan sumber nutrisi baik yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh.

8. Menjaga jaringan tubuh
Buncit atau kacang hijau sarat akan kandungan kalium, nutrisi jenis ini dapat membantu tubuh dalam mempertahankan produksi sel dan cairan tubuh.

9. Mengontrol penyakit kardiovaskular dan tekanan darah
Kalium juga memiliki peran mengontrol tekanan darah, sehingga akan menurunkan tingkat risiko terkena penyakit jantung.

Bagaimana bunda, apa masih ragu memberi asupan buncit pada si kecil setelah mebgemenge beragam manfaat yang akan di dapatkan.?

Baca juga artikel terkait:
Loading...